Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sejumlah Sekolah SD dan SMP di Bintan Kekosongan Guru dan Kepala Sekolah

*Disdik Bintan: Sementara Diganti Tenaga Honorer

Kekosongan Guru dan Kepala Sekolah, sejumlah siswa di salah satu SD di Bintan belajar didalam ruang kelas (foto:Hasura/presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Bintan – Sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan SMP di Kabupaten Bintan mengalami kekosongan guru dan kepala sekolah.

Hal itu disebabkan 21 guru dan 7 Kepala sekolah di daerah itu tahun ini pensiun.

Kepala bidang (Kabid) Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdik Bintan, Haryanto, mengatakan ke 28 orang guru dan kepala sekolah SD di Bintan itu pensiun karena telah masuk batas usia pensiun pada 2021.

“Mereka semua adalah guru dan Kepala Sekolah yang sudah lama mengabdi di sekolah SD dan SMP,” ujar Haryanto, Selasa (2/11/2021).

Berdasarkan data base tenaga kependidikan di Diknas Bintan lanjut Haryanto, dari 28 guru dan Kepala sekolah yang masuk usia pensiun itu terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan tingkat SD sebanyak 24 orang. Jumlah ini terdiri dari 18 guru dan 6 kepsek.

“Sementara di tingkat SMP sebanyak 4 orang, terdiri dari 3 guru dan 1 Kepala Sekolah,” ujarnya.

Puran tugas dari 28 guru dan kepala sekolah ini, sesuai dengan Pasal 40 ayat 4 Undang-Undang (UU) Nomor 4 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menyatakan, batas usia pensiun (BUP) adalah 60 tahun.

“Maka mulai tahun ini mereka akan diberhentikan dengan hormat dari status kepegawaiannya,” jelasnya.

Guru dan Kepsek Sementara Diganti Tenaga Honorer

Untuk mengatasi permasalahan ini, Dinas Pendidikan Bintan-pun mengambil inisiatif, memanfaatkan sejumlah tenaga honorer sebagai pengganti guru dan kepala sekolah SD dan SMP di Bintan itu.

“Hal itu kami lakukan agar kegiatan pembelajaran atau dunia pendidikan tetap berjalan setelah mereka pensiun,” jelas Haryanto lagi.

Pengganti sementara guru dan kepala sekolah dengan tenaga honorer ini juga menunggu selesainya penerimaan ASN PPPK Jabatan Fungsional Guru.

Penulis:Hasura
Editor :Redaksi

Comments
Loading...