Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tim POA Bintan Gelar Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing

Tim POA Bintan mendatangi Kapal Tanker di Laut Bintan untuk memeriksa kelengkapan administrasi keberadaan Pekerja Orang Asing di Kapal Tersebut (Foto:Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Tim Pengawasan Orang Asing (POA) Bintan yang terdiri dari lintas Instansi dan lembaga, menggelar pemeriksaan terhadap moda transportasi laut dan darat di Kabupaten Bintan, Selasa (2/11/2021).

Pemeriksaan Moda transportasi ini, dilakukan Tim Poa yang terdiri dari Kanwil Kemenkumham, Imigrasi, Syahbandar, KPLP, KKP, TNI-AL, Polri serta Pemkab Bintan, dalam operasi gabungan pengawasan Orang Asing.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, mengatakan Kepolisian sangat mendukung pelaksanaan Operasi pengawasan gabungan terhadap Orang Asing yang melakukan aktifitas di wilayah Kabupaten Bintan tersebut.

“Sasaran tim adalah status dan keberadaan setiap orang Asing yang ada di kapal pencari ikan dan kapal pengangkut penumpang serta kapal lainnya,” ujar Tidar.

Baca Juga

Operasi sendiri, diawali dengan apel kesiapan yang dilaksanakan di Dermaga KPLP Tanjung Uban, selanjutnya patroli laut dengan menggunakan 3 unit kapal patroli yaitu 2 unit kapal motor dan 1 unit Rubber Boat.

Sasaran pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang ada di perairan Tanjung Uban yang diduga ada warga negara asing di atas kapal tersebut. Salah satunya adalah KT Transko Arafura namun tidak ada ditemukan warga negara asing di atas kapal tersebut.

“Usai pemeriksaan, tim menuju perairan wisata lagoi sekaligus mengecek jalur/rute jalan masuk wisatawan internasional dan domestik dalam rangka kesiapan Bintan menghadapi pembukaan jalur destinasi wisata,” jelasnya.

Operasi ini sebagai implementasi pengawasan orang asing di Kabupaten Bintan. Yaitu dapat melakukan deteksi dini terkait keberadaan orang asing.

Tim POA melakukan pemeriksaan terhadap warga negara asing apakah sudah memenuhi administrasi sesuai ketentuan. Jika tidak akan langsung ditindak.

“Kita selalu mengawasi semua aktivitas yang ada di Kabupaten Bintan. Hal itu dilakukan agar wilayah ini kamtibmas,” katanya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...