Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemkab Bintan Tahun ini Pasang 35 Titik Lampu Penerangan Jalan Umum

Proyek Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sedang dikerjakan di Bintan (Foto:Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan tahun ini akan memasang 36 titik lampu Penerangan Jalan umum (PJU) di Bintan.

Pemasangan PJU ini, diprioritaskan pada sejumlah kawasan yang PJU nya belum ada,  seperti di kecamatan Bintan Timur, Gunung Kijang dan Teluk Sebong.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Mohammad Insan Amin, mengatakan untuk kegiatan pemasangan PJU Ini, pemerintah mengalokasikan Rp562 juta melalui APBD Bintan 2021.

“Kegiatan ada dua paket, yaitu paket proyek PJU 26 titik senilai Rp 462 juta di Kecamatan Bintan Timur dan Gunung Kijang. Dan paket PJU 9 titik (PL) senilai Rp 100 juta di Kecamatan Teluk Sebong,” ujarnya Selasa (2/11/2021).

Sebelumnya kata Amin, penanganan PJU jalan ini berada di Perkim, kemudian tahun ini baru dialihkan ke Dinas Perhubungan. Hal itu sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sesuai peraturan itu, mulai tahun ini dan seterusnya pemasangan dan pemeliharaan PJU di jalan raya, akan dikerjakan oleh Dishub Bintan. Sedangkan PJU di pemukiman atau perumahan warga, masih dikerjakan Dinas Perkim.

Sejumlah titik jalan yang akan dipasang PJU 2021 ini lanjutnya, meliputi jalan raya kawasan Pantai Sakera 6 titik, jalan Kelurahan Kota Baru 2 titik dan jalan raya Km 62 1 titik.

Kemudian, Jalan Lapas Km 18 Kampung Banjar Kecamatan Gunung Kijang 13 titik, Jalan Lingkar Wacopek 13 titik, Jalan Nusantara Km 20 serta jalan Kelurahan Kijang Kota dan jalan Kijang-Wacopek.

“Saat ini kegiatan sudah mulai dikerjakan. Kita Targetkan sebelum akhir tahun sudah selesai,” katanya.

Ia menambahkan, pemasangan lampu PJU ini bukan yang berbentuk solar cell dengan sumber kelistrikan dari tenaga matahari, Tapi, sumber listrikannya juga dialiri dari tiang-tiang listrik milik PLN.

Sehingga, nantinya kabel akan disambung ke tiang PLN dan dipasang kWh dengan biaya pembayaran ditanggung Pemerintah dari Pajak Penerangan Jalan yang dibayar Masyarakat.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...