Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ansar Dorong Peralihan Sumber Energi Listrik Alternatif di Kepri

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat melakukan pembahasan terkait pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bersama PT Pertamina Power Indonesia di Swissbell Hotel , Batam. (Foto : Humas Pemprov Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membuka peluang pengembangan sumber energi listrik alternatif di wilayahnya. Salah satunya adalah pengembangan sumber energi listrik dari tenaga surya.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyebut pihaknya sangat mendukung penuh pengembangan sumber energi alternatif tersebut. Menurutnya, pengembangan sumber energi listrik alternatif merupakan salah satu upaya peralihan sumber energi dari batubara, minyak bumi, dan gas.

“Kemudian juga sebagai upaya memaksimalkan green energy, akan kita dukung semaksimal mungkin. Ini juga akan mendukung program Kepri Hijau dan Kepri Terang,” ungkapnya saat melakukan pembahasan terkait pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bersama PT Pertamina Power Indonesia di Swissbell Hotel , Batam, Rabu (3/11/2021) kemarin.

Kendati demikian, lanjut Ansar, dalam upaya pengembangan PLTS di Kepri terdapat sejumlah kendala. Terutama, persoalan lahan yang membutuhkan total sekitar 2 ribu hektare. Maka dari itu, untuk mewujudkan hal tersebut perlu kerjasama dengan pihak-pihak pemilik lahan di kawasan-kawasan tertentu di Kepri.

Oleh karena itu, diharapkan pihak swasta atau bahkan BUMN dapat berpartisipasi dalam pengembangan PLTS tersebut. Dengan begitu, segala hambatan lahan bisa diselesaikan, sehingga peralihan dari sumber energi tak terbarukan ke energi alternatif bisa berjalan.

“Alternatif lain adalah pemanfaatan permukaan air baik laut maupun danau untuk instalasi panel surya saya rasa masih memungkinkan. Kita akan melihat kandidat lokasi yang tepat pertimbangan lokasi dan jarak yang baik dan juga dari sisi cost nya tidak terlalu mahal,” terang Ansar.

Sementara itu, Sales Branch Manager Rayon II PT. Pertamina, Willian Handoko Gotama, menyampaikan saat ini Pertamina tidak hanya bergerak di bidang minyak dan gas saja, namun juga di bidang energi.

“Untuk itu dengan melihat potensi besar Kepri untuk pengembangan energi, khususnya PLTS. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, kami memerlukan support dari Pemprov Kepri. Karena dengan pengembangan PLTS ini juga akan mendukung Program Kepri Terang dengan energi yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan,” tuturnya.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Comments
Loading...