Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ini Penyebabnya Listrik di Kelurahan Sei Lekop dan Gunung Lengkuas Padam

Alat pin Isolator yang rusak. (Foto : istimewa)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemadaman listrik terjadi di Kelurahan Sei Lekop dan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur, Kamis (4/11/2021). Pemadaman itu sempat mengganggu aktivitas warga karena berlangsung lebih dari 1 jam.

Salah seorang warga setempat, Reno, mengatakan pemadaman listrik itu terjadi dari sekitar pukul 09.00 WIB-10.11 WIB.

Tak hanya mengganggu, aktivitas rumah tangga pemadaman listrik tersebut juga mempengaruhi terganggunya sinyal seluler.

“Lumayan juga 1 jam gitulah mati lampu. Bahkan gara-gara mati lampu signal seluler juga putus. Jadi kami tak dapat beraktivitas padahal lagi kerja dari rumah (WFH),” ujarnya.

Sementara itu, Manager PLN Rayon Kijang, Lai Suarni, mengaku pihak PLN terpaksa melakukan pemadaman karena adanya perbaikan jaringan listrik. Hal tersebut dikarenakan, adanya kerusakan pin isolator yang retak, sehingga terpaksa dipadamkan.

“Harus diganti pin isolator-nya. Jadi, sementara harus dipadamkan,” katanya.

Ia menjelaskan, pin isolator merupakan alat yang menopang kawat penghantar jaringan pada tiang-tiang listrik. Fungsinya, untuk memisahkan secara elektris dua buah kawat atau lebih agar tidak terjadi kebocoran arus (leakage current) atau loncatan bunga api (flashover).

Dilanjutkannya, pin isolator yang berada di Jalan Musi sudah retak karena faktor usia dan alam. Sehingga harus diganti karena dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sistem jaringan tenaga listrik.

“Makanya tadi terjadi pemadaman listrik sampai 1 jam 11 menit. Tapi sekarang tidak masalah lagi dengan jaringan itu,” jelasnya.

Pemadaman listrik tidak hanya terjadi di Km 18 saja. Tetapi pemadaman juga melanda Km 24-Km 20. Hal itu terpaksa dilakukan juga karena pihak PLN melaksanakan pemasangan arrester 20 Kilo Amper (kA) dan arrester 10 kA serta perampalan jaringan di kawasan tersebut.

“Kita lakukan pemasangan arrester itu untuk peningkatan keandalan listrik,” ucapnya.

Dalam proses pemadaman pihak PLN tidak melarang masyarakat menggunakan genset sebagai alternatif sumber kelistrikan. Namun diminta untuk penggunaan genset dipisah dengan instalasi PLN.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...