Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Gubernur Buka Pelatihan Bagi PPNS se-Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat membuka pelatihan PPNS se-Kepri. (Foto : Humas Pemprov Kepri)

PRESMEDIA.ID, Batam – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bagi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) se Kepri bertempat di Swiss Bell Hotel, Batam, Selasa (3/11/2021) kemarin.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan sebagai ujung tombak dalam proses penegakan hukum pidana, sudah seharusnya PPNS bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan profesional. Terutama sekali dalam penyidikan terkait pelanggaran peraturan daerah.

Dalam melaksanakan tugas Pejabat PPNS juga harus berkoordinasi dengan Polri sekaligus sebagai Korwas. Termasuk, juga berkoordinasi dengan instansi lain, agar dalam melakukan penyidikan suatu perkara misalnya, hasilnya tidak merugikan siapapun.

“Siapa saja yang diangkat menjadi pejabat PPNS juga harus bisa mencari solusi untuk penanganan guna penyelesaian perkara. Termasuk perkara-perkara yang dihadapi di lapangan. Agar putusan yang dihasilkan memang benar-benar mengedepankan supremasi hukum,” ungkapnya.

Ansar berharap melalui pelatihan ini dapat menjadikan penguatan sinergitas guna menguatkan antara PPNS dan penyidik Polri. Agar dalam menyelesaikan setiap masalah dengan tetap memegang teguh rasa tanggung jawab terhadap jabatan yang diemban.

Seperti diketahui PPNS adalah pejabat yang berdasar peraturan perundangan ditunjuk selaku penyidik dan berhak melakukan penyidikan sesuai dengan lingkup undang undang yang menjadi dasar hukumnya.

PPNS diangkat oleh Menkumham melalui Direktorat Administrasi Hukum Umum diawasi dan dibina oleh Polri cq Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Badan Reserse Kriminal, serta bertanggung jawab kepada lembaga tempat PNS tersebut bernaung.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...