Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Deklarasi Damai Pilkades Bintan, Plt Bupati Imbau Cakades Miliki Visi Misi Pemulihan Ekonomi Desa

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyetujui fakta integritas Pilkades Bintan. (Foto : Hasura/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Sebanyak 11 calon kepala desa (cakades) dari 3 desa mengucapkan deklarasi damai dan menandatangani fakta integritas Pilkades Serentak 2021 di Aula Kantor Bupati Bintan, Desa Bintan Buyu, Jumat (5/11/2021) kemarin.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan. Adapun 11 Cakades tersebut yakni, dari Desa Malang Rapat, antara lain nomor urut 1 Sakri, nomor 2 Murbaininasril, nomor 3 M. Zulkifli, nomor 4 Saverius Boli Al Rahman, dan nomor 5 Mohtisar.

Kemudian, Desa Dendun ada 3 calon yaitu nomor urut 1 Rupiat, nomor 2 Ediyanto, dan nomor 3 Eva Riana. Terakhir, Desa Sebong Lagoi ada 3 calon antara lain nomor urut 1 Mazlan, nomor urut 2 Roslan, dan nomor urut 3 Roeland Ariebowo

Dalam kesempatan tersebut, Roby, mengingatkan agar dalam pelaksanaan Pilkades nanti harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Jangan sampai muncul Kluster baru Covid-19 di Kabupaten Bintan,” ujar Roby.

Menurutnya, keberhasilan penyelenggaraan pilkades sangat ditentukan kerjasama dan koordinasi seluruh pihak, baik calon kepala desa, panitia dan pengamanan.

Untuk itu, ia mengimbau seluruh masyarakat agar menjaga pelaksanaan pilkades yang baik sesuai aturan. Serta, memiliki visi misi sesuai dengan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Para cakades juga diharapkan memiliki visi misi terkait pengendalian covid-19, pemulihan ekonomi desa, serta program padat karya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Bintan, Rony Kartika, menyampaikan Pilkades serentak dijadwalkan berlangsung tanggal 23 November 2021 mendatang dengan total cakades di 3 Desa mencapai 11 orang.

Kemudian, pengaturan jadwal kampanye dan lainnya yang tertuang dalam tatib panitia Pilkades Serentak dan Pilkades PAW dilaksanakan pada 15-17 November 2021.

“Tahun ini 2 desa yang menyelenggarakan pilkades yaitu Desa Dendun dan Desa Malang Rapat serta 1 desa yang melakukan Pilkades PAW yaitu Desa Sebong Lagoi,” katanya.

Pilkades Serentak dilaksanakan pada 23 November 2021 mulai pukul 08.00-14.00 WIB pada lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing desa. Untuk Desa Malang rapat ada 5 TPS dengan jumlah pemilih 1973 orang. Terdiri laki-laki 1040 orang dan perempuan 933 orang.

Sementara, Desa Dendun ada 2 TPS dengan jumlah pemilih 746 orang terdiri dari laki-lakinya 399 orang dan perempuannya 347 orang.

Sedangkan, untuk pelaksanaan pilkades PAW di Desa Sebong Lagoi akan dilakukan melalui Musyawarah Desa (musdes) di Aula Kantor Desa. Dalam musdes tersebut yang diperkirakan hanya 50 orang saja yang diberikan hak suara. Para pemberi suara ini merupakan perwakilan dari kelembagaan desa.

Seperti tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, perwakilan kelompok tani, perwakilan kelompok nelayan, perwakilan kelompok perajin, perwakilan kelompok perempuan, perwakilan kelompok pemerhati dan perlindungan anak, perwakilan kelompok masyarakat miskin atau unsur masyarakat lain sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat setempat

“Musyawarah desa dilakukan oleh BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Sebong Lagoi. Peserta atau yang berhak gunakan suaranya 50 suara,” ucapnya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...