Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Waspada Varian Covid Delta AY.4.2, Satgasus Pemulangan PMI Kepri Perketat Pemeriksaan PMI Dari Luar Negeri

Anggota Satgasus Penanganan PMI dari Korem 033-WP Kepri saat melakukan pemeriksaan identitas PMI yang baru tiba di Batam (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Batam – Antisipasi Varian Delta AY.4.2 Covid-19 yang berkembang di negara tetangga masuk ke Indonesia.

Satuan tugas khusus penanganan kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kepri melakukan pengetatann pemeriksaan bagi ratusan PMI yang baru tiba dari Singapura dan Malaysia di Batam.

Kepala penerangan Korem 033/WP Kepri, Mayor Inf Reza Fahlevi, mengatakan perhatian dan pemeriksaan ketat pada PMI yang tiba dari Singapura dan Malaysia itu dilakukan dalam mewaspadai masuknya varian baru virus covid delta AY.4.2 yang saat ini tengah berkembang di Singapura.

“Untuk mewaspadai itu, kedatangan para PMI yang masuk ke Kepulauan Riau perlu perhatian khusus kita bersama guna membantu pemerintah dalam penanganan Covid khusus pada PMI ini,” ujarnya Minggu (7/11/2021).

Sepanjang Sabu kemarin lanjut Reza,  sebanyak 213 PMI dari Singapura dan Malaysia kembali tiba di pelabuhan Batam Ceter provisi Kepri-Indonesia. Selanjutya, seluruh PMI iu dilakukan tes swab antigen dan PCR pertama.

“Hasilnya seluruh PMI yang baru tiba semua Negatif,” ujarnya.

Selanjutnya, seluruh PMI diarahakan untuk melaksanakan Karantina selama lima hari dan di hari ke empat akan kembali dilakukan Test PCR kedua.

“Sudah beberapa hari belakangan jumlah PMI yang datang setelah kita laksanakan Tes Swab antigen dan PCR pertama hasil mereka semua negatif. Namun setelah dilakukan PCR kedua di rusun BP Batam dan Rusun Pemko Batam didapati 8 orang terkonfirmasi positif Covid -19,” jelasnya.

Dari jumlah itu lanjut Reza,  7 PMI dibawa ke RSKI pulau Galang Batam untuk mendapat perawatan, kemudian 1 orang di rujuk ke Rumah sakit Embung Fatimah karena memiliki penyakit dalam.

Penanganan yang dilakukan pada Pekerja Migran Indonesia (PMI) lanjutnya dilakukan sesuai Prosedur dalam penanganan pemulangan PMI ke Indonesia

Sementara itu dari 313 orang PMI yang sebelumnya dirawat di RSKI Galang Batam, saat ini terjadi pengurangan sebanyak 24 Orang karena telah dinyatakan sembuh dan negatif Covid 19. Ke 244 PMI itu, selanjutnya dapat kembali ke kampung halaman.

Penulis:Redaksi
Editor :Redaksi

Comments
Loading...