Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

PLN Apresiasi Kepedulian warga Toapaya Amankan Pencuri Kabel PLN

*Akibat Pencurian Kabel PLN Listrik di Bintan Sempat Padam

Supvesior Teknik dan Tim Yantek PT.PLN saat membuat Laporan dan memberikan keterangan ke Penyidik Polsek Gunung Kijang atas Pencuriaan kabel milik PLN (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Manager PLN Rayon Kijang Laisuarni membenarkan adanya kehilangan Kabel PLN atas penangkapan dan pengamanan seorang pelaku pencuri kabel di Toapaya Asri-Bintan.

Akibat pencurian kabel di kawasan Toapaya Asri itu, ternyata listrik di sejumlah perkampungan di Bintan saat itu juga sempat padam.

Beruntung, pemadaman tidak berlangsung lama dan siangnya langsung dilakukan perbaikan oleh PLN. Saat ini arus listrik disejumlah kawasan perkampungan Bintan itu sudah kembali normal dengan mengalihkan ke salah satu penyulang.

Laisuarni juga membenarkan, terduga pelaku dan barang bukti kabel yang dicuri saat ini sudah berada di Polsek Gunung Kijang. Pihaknya juga sudah dihubungi pihak kepolisian untuk dimintai keterangan atas pencurian yang dilakukan terduga pelaku.

“Laporanya nanti akan dibuat Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) terkait kerugian yang ditimbulkan. Saat ini juga masih diproses hitung harga material di Kantor UP3,” katanya.

Kabel yang dicuri pelaku lanjut Laisurani, adalah jenis kabel A3C untuk Jaringan TM 20 KV. Kabel itu, digunakan pada penyulang dalam mengalirkan listrik dari arah Tanjung Uban ke Toapaya Asri.

“Dengan hilangnya kabel itu, bukan hanya PLN yang menjadi korban, Tetapi juga masyarakat akan berdampak. Karena akan terjadi pemadaman dan butuh waktu untuk memperbaiki dan mengganti kabel yang dicuri,” jelasnya.

Laisuarni menyebut, PLN akan menindaklanjuti kasus dugaan pencurian kabel itu dengan memberikan keterangan ke pihak kepolisian. Selain dirinya, Supvesior Teknik dan Tim Yantek juga memberikan keterangan detail kronologi kejadian tersebut.

PT.PLN (Persero) lanjutnya, sangat mengapresiasi upaya masyarakat Toapaya Asri yang mengamankan terduga pelaku pencurian kabel listrik. Tindakan itu merupakan wujud kepedulian masyarakat terhadap aset milik PLN.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk warga yang peduli dengan aset PLN,” ujarnya.

Mengenai proses hukum terhadap pelaku, PLN menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Dan juga mengucapkan berterima kasih kepada pihak kepolisian yang akan mengusut tuntas kasus tersebut.

Penulis :Hasura
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...