Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Aplikasi Si Jempol DPMPTSP Kepri Sabet Penghargaan Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menerima penghargaan Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2021 secara virtual dari Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak. (Foto : Humas Pemprov Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Aplikasi Si Jempol yang digagas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Kepulauan berhasil menjadi Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2021.

Aplikasi yang memudahkan warga mengurus perizinan itu, merupakan salah satu inovasi Pemprov Kepri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyampaikan rasa syukurnya karena kerja keras dari pihak terkait sehingga Kepri dapat menerima penghargaan dari Menpan RB Tjahjo Kumolo.

“Ini merupakan apresiasi untuk kita dan yang begini-begini harus jadi motivasi untuk berbuat lebih banyak, berinovasi lebih baik,” ujarnya saat menerima penghargaan tersebut secara virtual dari Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (9/11/2021)

Dengan berhasilnya Si Jempol menjadi pemenang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), maka Gubernur mendorong agar OPD lain di Pemprov Kepri untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik.

Karena, kepercayaan dari masyarakat merupakan modal besar bagi pemerintah untuk menjalankan tugasnya.

“Percayalah apapun yang kita lakukan jika itu demi kebaikan masyarakat pasti akan ada apresiasinya, seperti yang kita saksikan hari ini,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan, Joni Hendra, mengatakan, dengan adanya SiJempol maka masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor sehingga sangat memudahkan masyarakat Kepri.

Selain itu, aplikasi tersebut juga menjadi wujud dari penerapan reformasi birokrasi yang mengedepankan digitalisasi pemerintah, pelayanan publik yang prima  dalam berbagai bentuk program kerja dan kebijakan inovatif.

“Beberapa perizinan pun dengan aplikasi ini bisa selesai dalam waktu satu dua hari, masyarakat dapat mengakses aplikasi ini melalui smartphone masing-masing,” ucap Joni.

Kompetisi Inovasi Publik yang digelar Kemenpan RB ini merupakan salah satu kontribusi nyata dari pemerintah untuk memberikan motivasi kepada setiap penyelenggara pelayanan publik untuk memajukan pelayanan publik di instansinya. Berbeda dari tahun sebelumnya, pemberian penghargaan tahun 2021 dilakukan secara virtual.

Proses kompetisi ini dimulai dari pendaftaran proposal inovasi melalui http://sinovik.menpan.go.id. Jumlah inovasi yang didaftarkan pada KIPP semakin bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2014, sebanyak 515 inovasi terdaftar di KIPP, sedangkan pada tahun 2021 jumlah ini meningkat menjadi 3.178 inovasi.

Pelaksanaan KIPP yang dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan oleh Kementerian PANRB diharapkan menumbuhkan budaya inovasi pelayanan di lingkup kementerian, lembaga dan pemerintah daerah termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Penulis:Ismail
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...