Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kepri Harapkan Percepatan Kerjasama TCA Indonesia-Malaysia Dengan Kemudahannya

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad (Dok-Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengharapkan kerjasama pembukaan kembali pariwisata Indonesia dengan Malaysia melalui Travel Corridor Arrangement (TCA) segera terlaksana.

Hal itu menyusul kesepakatan antara Indonesia dan Malaysia untuk melaksanakan travel corridor arrangement (TCA) dalam mendukung pemulihan ekonomi di kedua Negara sebagaimana yang disepakati presiden Joko Widodo dengan Perdana menteri Malaysia Perdana Menteri (PM) Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri Yakoob di Jakarta.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad, mengungkapkan jika pintu koridor Kepri dan Malaysia sudah dibuka, maka akan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Namun demikian, ia berharap Pemerintah pusat juga dapat memberikan diskresi atau kemudahan persyaratan bagi wisman dari Malaysia yang masuk ke Kepri. Seperti, waktu Karantina yang diperpendek dan lain sebagainya.

“Dengan dibukanya pintu itu kan harapan orang langsung bisa datang. Tapi kalau persyaratannya masih sulit, tentu juga membuat orang enggan datang,” ujar Ansar, Kamis (11/11/2021).

Oleh karena itu, lanjut Ansar, pihaknya saat ini masih menunggu regulasi dan rencana Kerjasama TAC Malaysia-Indonesia itu dari pemerintah pusat. Demikian juga kemudahan fasilitas demi mendongkrak ekonomi pariwisata Indonesia dan Malaysia.

Ia menyebut, beberapa waktu lalu Pemprov Kepri sudah membahas bersama pengusaha pariwisata untuk mengusulkan sejumlah diskresi kepada pemerintah pusat.

Namun menurutnya, usulan-usulan tersebut saat ini belum tepat untuk disampaikan. Karena, pemerintah saat ini sedang fokus untuk menghadapi perayaan natal dan tahun baru yang diprediksi terjadi gelombang ketiga.

“Tapi usulan-usulan itu belum tepat kita bawa saat ini. Nanti kalau situasi Covid tetap landai dan terjaga dengan baik, saya yakin usulan itu akan bisa diwujudkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Perdana menteri Malaysia Perdana Menteri (PM) Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri Yakoob, menyepakati pembukaan pintu masuk perbatasan kedua negara, Rabu (10/11/2021) kemarin.

Dalam kesempatan itu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, mendorong penguatan kerja sama Indonesia-Malaysia dengan berdasarkan prinsip saling menghormati dan menguntungkan.

Ia juga memberikan perhatian terkait pemulihan ekonomi pasca pandemi. Ia mengapresiasi kenaikan angka perdagangan sebesar 49 persen pada periode Januari-Agustus 2021, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Guna mendukung upaya pemulihan ekonomi, tadi kita juga sudah sepakat untuk dibuat Travel Corridor Arrangement (Pembukaan kembali pariwisata Indonesia dengan Malaysia) yang secara bertahap nanti akan kita membukanya satu persatu,” imbuh Presiden.

Pada bagian awal TCA yang akan dibuka yakni rute Kuala Lumpur-Jakarta dan Kuala Lumpur-Bali.

Penulis :Ismail
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...