Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Operasi Zebra Seligi 2021, Polres Bintan Fokus ke Keamanan, Ketertiban dan Kepatuhan Berlalu Lintas

Apel gelar pasukan Operasi Zebra Seligi 2021 di Mapolres Bintan (Foto:Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Gelar Operasi Zebra Seligi 15-28 November 2021, Polres Bintan fokus untuk memelihara keamanan, kelancaran ketertiban, dan meningkatkan kepatuhan berlalu lintas.

Hal itu dikatakan Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono pada Apel gelar pasukan Operasi Zebra Seligi 2021 di Mapolres Bintan Sabtu (13/11/2021).

Tidar juga mengatakan, berdasarkan amanat Kapolda, Kepri yang berbatasan langsung dengan negara luar, perlu meningkatkan kewaspadaan pada varian baru virus corona (Covid-19), khususnya terhadap kepulangan dan keluar masuknya WNA dan WNI ke Kepri.

Dengan kondisi itu, 6 kabupaten/kota di Kepri memenuhi syarat untuk melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 dan level 2. Aktivitas masyarakat tetap dilaksanakan namun tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes).

Sektor ketertiban berlalu Lintas, Kapolres juga mengatakan, sesuai Amanat Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, patuh untuk kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

Melalui operasi Zebra Seligi juga ditekankan peningkatan kualitas kepatuhan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, serta membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Berdasarkan Program Decade Of For Road Safety (DoA) atau dekade Aksi Patuh jalan yang telah dicanangkan oleh PBB. Tujuannya untuk mengurangi jumlah korban meninggal dunia pada tahun 2021 ini sebesar 50 persen.

Para penyelenggara sistem terpadu yang tertuang dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) melalui 5 Pilar, manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna Jalan yang berkeselamatan dan penanganan korban pasca Kecelakaan.

Kemudian program Nawacita Presiden RI adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa yang dijabarkan dengan 16 Program Prioritas Kapolri yaitu PRESISI (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi berkeadilan).

Khususnya program ke 11 Operasi Zebra Seligi 2021 juga difokuskan juga untuk peningkatan kualitas pelayanan publik Polri, yang diimplementasikan dengan kehadiran anggota Polri di tengah-tengah masyarakat.

“Polri berkewajiban untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat dengan mewujudkan Lalu Lintas dan angkutan jalan yang selamat, Aman, Cepat, Lancar, Tertib dan teratur, Nyaman dan efisien melalui Manajemen lalu lintas dan Rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan secara komprehensif, terpadu dan tepat sasaran,” ujarnya.

“Program tersebut digambarkan melalui bulan tertib lalu lintas secara tematik,” katanya.

Tidar menekankan selama operasi utamakan faktor keamanan dan patuh dengan mempedomani Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada. Hindari tindakan pungli, dan laksanakan tugas Operasi Zebra dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat dengan tetap mempedomani promkes pada masa PPKM level 1 dan 2.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...