Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Cegah Varian Covid Baru, Satgasus Perlintasan PMI Perketat Pemeriksaan di Pelabuhan Batam 

*Hingga saat ini 113 PMI Positif Covid-19 masih diawat di RSKI Pulau Galang-Batam

Cegah Varian Baru Covid-19, Tim Medis Satgas Khusus Perlintasan PMI melakukan Uji Swab kepada PMI yang baru tiba dari Singpura dan Malaysia. (Foto: Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Batam – Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Perlintasan PMI wilayah Batam provinsi Kepri, memperketat pemeriksaan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru tiba dari Malaysia dan Singapura di Batam.

Hal itu, dilakukan untuk mengantisipasi masuknya varian baru virus Covid-19 dari dua negara tersebut ke Indonesia.

Sementara itu, sebanyak 113 Orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba di Indoensia, saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Kota Batam Kepulauan Riau, karena positif COVID-19.

Kepala Penerangan Korem 033/Wira Pratama Mayor Inf Reza Fahlevi, mengatakan ke 113 orang PMI itu merupakan PMI yang baru datang dan tes PCR Swab positif Covid-19.

Dari 113 orang PMI yang dirawat di RSKI Galang itu lanjutnya, 71 orang merupakan laki-laki dan 42 orang perempuan.

“Dengan jumlah ini, tingkat keterisian rumah sakit khusus infeksi RSKI pulau galang mencapai 24,56 persen,” ujar Reza.

Reza juga mengatakan, sesuai dengan arahan Kepala Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Perlintasan PMI di Wilayah Batam provinsi Kepri Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu,  penanganan kedatangan PMI di Kepri dilakukan sesuai dengan prosedur.

“Selain melakukan uji PCR di pelabuhan, wajib karantina bagi PMI yang PCR -nya menetas juga dilakukan selama 3 sampai 5 hari di Lokasi Karantina Mandiri maupun Lokasi Karantina Terpusat Rusunawa BP Batam, Putrajaya & Pemko Batam,” ujarnya.

Sedangkan PMI yang dinyatakan positif langsung dibawa ke RSKI guna dilakukan Evaluasi dan observasi lanjutan.

Selain itu, kepada para PMI yang belum divaksin juga dilakukan vaksinasi melalui program 5M dan Serbuan vaksinasi yang terus dilakukan bersama jajaran Korem 033/WP, Polda Kepri, Pemprov Kepri, dan Pemerintah Kabupaten/kota di Kepri.

“Selain itu, kita proaktif melakukan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) dalam menekan positivity rate penularan untuk menghindari penularan,” ujarnya.

Upaya tracing dan pengawasan sebut Reza, juga terus dilakukan dalam mencegah penularan dan memonitor masuknya varian Delta dan varian lain ke Indonesia.

“Upaya pencegahan masuknya semua jenis varian baru sekaligus meminimalisir pembentukan mutasi baru via pintu masuk Kota Batam juga terus dilakukan,” ujar tegsanya.

Penulis:Redaksi
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...