Ultimate magazine theme for WordPress.

Ssst..! Ada Dana Sewa Tempat, Dekorasi dan Fotocopy Ratusan Juta di Reses Dewan Bintan

Ilustrasi: Habis Reses, anggota DPR Ngorok saat sidang (Photo:Fanda inilah.com)

PRESMEDIA.ID,Bintan- Selain menghabiskan dana Rp.11,157 Miliar untuk jalan-jalan dengan menggunakan dana perjalanan dinas. DPRD Bintan juga ternyata menggunakan Rp.1.902 Milliar dana reses untuk menyewa tempat, dekorasi dan photo Copy.

Dari data DIPA sekretaris Dewan Bintan di APBD 2019, terdapat 20 aitem belanja kegitan reses yang digunakan DPRD Bintan sepanjang 2019. Dari jumlah kegiatan tersebut, pendanaan sejumlah kegitan terindikasi janggal dan tidak tepat guna. Sejumah kegiatan reses DPRD Bintan yang janggal itu adalah, alokasi dana kegiatan Reses untuk menyewa tempat, seperti Hotel atau auditorium. Selain itu, ada juga biaya dekorasi dan dokumentasi laeknya pada sebuah pesta pernikahan.

Hal itu terlihat pada mata anggaran kegiatan reses I DPRD Bintan dengan alokasi Rp.148,500.000 untuk belanja sewa tempat, kemudian pada Reses II juga dialokasikan dana Rp.148.500.000 untuk sewa tempat. Selain itu, juga terdapat dana Rp.43 juta untuk belanja dekorasi dan dokumentasi. Kemudian Rp.31.500.000 dana untuk sewa kursi susun/Stacking serta Rp.45 juta dana Sewa Sound System dan Rp.22.500,000 dana Photo Copy.

Dalam kegiatan reses I dan II DIPA anggaran Sekretariat DPRD Bintan 2019 ini, juga tidak tertera penjelasan dan diskripsi lokasi dan waktu kegiatan reses, demikian juga ratusan juta alokasi belanja makan dan minum diperuntukan bagi berapa orang warga masyarakat.

Merujuk pada pengertianya, Reses merupakan kunjungan kerja DPR dan DPRD, diluar masa sidang. Kegiatan reses DPRD ini, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya Pasal 161 huruf i,j,k yang menyatakan anggota DPRD mempunyai kewajiban dalam menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala.

Dari reses yang dilaksanakan, DPRD wajib membuat laporan hasil resesnya yang dilaporkan dalam rapat paripurna DPRD disertai dengan bukti dokumentasi pelaksanaan kegiatan serta hasil ajuan dan aspirasi masyarakat yang diperoleh.

Selanjutnya, ajuan hasil reses DPRD itu, diserahkan dewan pada rapat paripurna yang dilaksanakan. Selanjutnya, melalui Paripurna tersebut, DPRD menyerahkan aspirasi usulan yang dihimpunya kepada Kepala Daerah dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah maupun evaluasi kegiatan penyelenggaraan pemerintahan Daerah. Gasil reses DPRD ini juga sedianya menjadi masukan dalam penyusunan Program, Pengalokasian dana APBD untuk pelaksanaan kegiatan sesuai dengan yang diajukan masyarakat.

Pertanyaanya, jika puluhan bahkan ratusan juta dana reses DPRD Bintan digunakan untuk Sewan tempat, dekorasi dan dokumentasi, sewa kursi dan Fotocopy, makan dan minum serta perjalanan dinas dalam daerah. Aspirasi apa yang sudah diserap dan dilaporkan DPRD Bintan ke Pemerintah dan direalisasikan sebagai pertangung jawaban atas penggunaan dana yang dihabiskan.

Sekretaris DPRD Bintan M.Hendri yang dikonfrimasi dengan alokasi dana Reses DPRD Bintan ini, meminta agar media ini menanyakan hal tersebut kepada bawahanya, Kepala Seksi risalah dan Publikasi DPRD Bintan Sumadio. Ketika dikonfrimasi, Sumadio membantah dana reses DPRD Bintan itu digunakan biaya dekorasi dan komunetasi ruangan.

“Bukan dekorasi dalam artian ruangan. Biaya dekorasi dan dokumentasi itu hanya sebutan saja dimata anggaran. Tetapi dananya digunakan untuk biaya publikasi pelaksanaan reses DPRD disejumlah Kecamatan,”ujarnya.

Berikut alokasi dana Sewa Tempat, Dekorasi dan Dokumentasi pada dana Reses DPRD Bintan 2019

Belanja Dekorasi dan Dokumentasi Reses I Rp.43.075.000
Belanja Dekorasi dan Dokumentasi Reses II Rp.43.075.000
Belanja sewa kursi susun/Stacking Reses IIRp.31.500.000
Belanja Sewa Sound System Reses II Rp.45.000.000
Belanja Penggandaan/Fotocopy Reses II Rp.22.500.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses I Dapil 1 Rp.33.810.000
Belanja Makanan dan Minuman reses Dapil 2 Rp38.640.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 3 Rp.48.300.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 1 Rp.80.850.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 2 Rp.92.400.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 3 Rp.115.500.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 1 Rp.33.810.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 2 Rp.38.640.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 3 Rp.48.300.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 1 Rp.80.850.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 2 Rp.92.400.000
Belanja Makanan dan Minuman Reses Dapil 3 Rp.115.500.000
Belanja Sewa Tempat Reses I Rp.148.500.000
Belanja Sewa Tempat Reses II Rp.148.500.000
Belanja Perjalanan Dinas Dalam Daerah Reses Rp.613.600.000
Total dana Kegiatan Rp.1.902 Milliar
Sumber: DIPA-APBD Sekwan DPRD Bintan 2019

Penulis: Redaksi

Comments
Loading...