Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kawasan Lagoi Siap Terapkan Blue Pass (QR-Code) ke Pengunjung Turis Asing

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menghadiri pertemuan rutin dengan pelaku usaha di kawasan pariwisata Lagoi Bintan melalui video conference (Foto:Humas-Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kawasan Pariwisata Lagoi menyatakan siapa menerima kunjungan Wisatawan mancanegara (wisman) dengan sistim Blue Pass atau (QR Code) pelacakan dan penanganan penularan virus Covid-19.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad juga berharap, tindak lanjut pertemuan Dubes Indonesia untuk Singapura beberapa waktu yang lalu, dapat segera dilaksanakan, khususnya rencana Kawasan Pariwisata Lagoi yang akan dijadikan sebagai pilot project penerapan blue pass (QR-Code) pada pengunjung ke Lagoi.

Ansar Ahmad juga menegaskan, Pemerintah juga akan terus berkomitmen melakukan pengawasan semaksimal mungkin pada sejumlah pengelola kawasan pariwisata di Kepri.

Pengawasan itu dilakukan dengan menempatkan satgas Covid-19 di berbagai tempat dalam melakukan kontrol dan evaluasi.

“Meskipun kondisi Covid-19 saat ini di Kepri sudah cukup stabil, Namun untuk membuka pintu wisman ini kita perlu kehati-hatian dan menjaga, agar kasus covid di Kepri tidak ada peningkatan,” ungkapnya saat menghadiri pertemuan rutin pelaku usaha di dalam kawasan pariwisata Lagoi Bintan melalui video conference, Kamis (18/11/2021).

Dari sisi sarana prasarana lanjut Ansar, sejumlah kawasan pariwisata di Kepri termasuk Lagoi sudah siap untuk menerima kunjungan wisman sejak jauh hari.

Hal itu ditandai dengan penerapan super safety dibarengi dengan berbagai inovasi. Pengelola, juga telah mengatakan akan memberikan rasa aman, nyaman bagi siapapun yang akan datang berkunjung.

“Kawasan ini (Lagoi-red) sudah benar-benar prepare dari segala sesuatunya. Terutama soal protokol kesehatan. Salah satunya dengan penerapan blue pass yang dapat dipindai QR Code nya,” katanya.

Selain itu, Ansar juga berharap kawasan pariwisata terus menggunakan Blue Pass guna mempermudah upaya tracing. Blue pass merupakan suatu bentuk contact tracking yang dikembangkan dari hasil kerja sama antara BRC dan BNPB Pusat.

Penerapan alat pelacak kontak blue pass tentunya diharapkan dapat memberikan keyakinan terhadap pemerintah Singapura untuk memperbolehkan penduduknya untuk datang ke Bintan Resorts.

Penulis :Ismail
Editor   :Redaksi

Comments
Loading...