Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Diperogki Warga Curi Kotak Infak, Rizki Ditangkap dan Dibawa ke Kantor Polsek

Seorang terduga pelaku Percoabaan Pencuriaan kotak Infak di Masjid Anuruddin jalan Kota Piring Tanjungpinang diamankan (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Maling kotak Infak, Rizki Ahmad Dani (21) diamankan warga RT1/RW 1 Kelurahan Air Raja Tanjungpinang Timur.

Terduga pelaku diamankan warga saat mengangkut kotak infak di Masjid Anuruddin jalan Kota Piring Tanjungpinang ke dalam Toilet sekitar pukul 08.00 WIB, Jumat (19/11/2021).

Ketua Masjid Anuruddin Raja Anawi, mengatakan kejadian pencuriaan itu diketahui oleh Marbot Masjid pada saat membersihkan masjid.

Saat itu Marbot melihat, kotak infak sudah tidak ada lagi di tempatnya, Kemudian saat diperiksa, timbul kecurigaan saat melihat toilet pintu masjid terkunci dari dalam.

“Setelah memeriksa ada seseorang, dan meyakini adalah pelaku, Selanjutnya Marbot memanggil warga sekitar dan menangkap Maling itu,” ungkap Anawi Jumat (19/11/2021).

Yang ditemukan di dalam toilet itu, ternyata adalah Rizki Ahmad Dani, yang saat itu sedang berusaha mencoba mencongkel kotak infak itu dengan pisau kater. Namun tidak berhasil membuka nya.

Setelah diamankan, terduga pelaku juga mengakui saat itu sedang berusaha membuka dengan mencongkel kotak Infak tersebut.

“Entah bagaimana caranya, Maling itu juga sudah berhasil mengambil uang dari dalam kota Rp30 ribu,” jelasnya.

Setelah kotak infak itu diamankan dan dihitung oleh pengurus masjid jumlah total uang infak di dalamnya ada sebanyak Rp 830 ribu.

Dari interogasi yang dilakukan warga, Maling ini ternyata juga bukan warga sekitar dan akhirnya langsung dibawa ke Polsek Tanjungpinang Timur.

Warga juga mengatakan, atas kesepakatan warga, Maling tersebut akhirnya dimaafkan dan dibebaskan saat di kantor Polisi.

Terpisah Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Syafruddin membenarkan kejadian Malin yang melakukan percobaan pencurian kotak Infak itu. Namun menurutnya, kotak infak belum dirusak dan uang belum diambil.

“Terduga pelaku mengaku dari Jakarta yang datang ke Tanjungpinang ingin mencari saudaranya. Dari hasil mediasi, akhirnya pengurus masjid memaafkan perbuatannya dan maling ini meminta maaf atas perbuatannya dan tidak akan mengulanginya lagi,” kata Syafruddin.

Pengurus masjid lanjut kapolsek, juga menyerahkan perkara tersebut kepada yang berwajib untuk dilakukan tindak sosial atau diamankan sementara di Polsek.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi 

Comments
Loading...