Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kasus Harian Covid Kepri Terus Melandai, Pasien Aktif Covid-19 Tinggal 5 Orang

Ilustrasi Virus Covid dalam beberapa kali pembesaran (Foto : pixabay.com)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kasus harian Covid-19 di Provinsi Kepulauan terus mengalami penurunan drastis. Data Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, hingga 21 November 2021 kasus aktif yang masih dikarantina atau dirawat di rumah sakit tinggal 5 orang.

Ke 5 kasus positif Covid itu di Kota Batam sebanyak 2 orang, Tanjungpinang 2 orang dan Bintan 1 orang. Sedangkan di Kabupaten Karimun, Anambas, Natuna, dan Lingga nol kasus aktif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes )Provinsi Kepulauan Riau, Mohammad Bisri, menyampaikan penanganan Covid-19 di seluruh kabupaten/kota sudah sangat baik.

“Sudah sangat baik upaya yang dilakukan, sehingga kasus terkonfirmasi pun bisa dikendalikan,” ujarnya.

Menurut Bisri, ada empat faktor penyebaran Covid-19 di Kepri sudah jauh melandai. Yakni, surveilans, pengobatan, vaksinasi, dan disiplin protokol kesehatan.

Dijelaskannya, untuk penerapan surveilans atau testing di seluruh wilayah sudah cukup baik. Seperti, pelaku perjalanan secara ketat dilakukan testing untuk mendeteksi Covid-19.

Sehingga, apabila kedapatan terkonfirmasi positif maka langsung diambil tindakan tracing atau pelacakan kontak agar penyebaran virusnya tidak meluas.

Kemudian, lanjut Bisri, terapi atau pelayanan pengobatan pasien Covid-19 di rumah sakit juga berjalan sangat baik. Selanjutnya, untuk capaian vaksinasi sudah di angka 90 persen lebih.

“Bahkan, Kepri masuk empat besar provinsi dengan cakupan vaksinasi tertinggi di Indonesia,” ucapnya.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...