Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
maulidnabidewan
SumpahPemuda2021

Kapal BBM Terbakar Di Lingga, Dua ABK Alami Luka Bakar

Kasat Polairud Polres Lingga, AKP Thomas Charles

PRESMEDIA.ID, Lingga – Dua Anak Buah Kapal kayu BBM yang terbakar di dermaga Sungai Buluh Singkep Barat Kabupaten Lingga mengalami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, Rabu (24/11/2021).

Kasat Polair Polres Lingga, AKP Thomas Charles, menyatakan kronologis kejadian terbakarnya kapal kayu pengangkut BBM itu, berawal ketika kapal itu datang dari Daik Lingga ke dermaga Sungai Buluh untuk memuat BBM.

Namun setelah melakukan pengisian (Muat) BBM jenis Pertalite dan Solar sebanyak 80 drum dan hendak berangkat ke Daik Lingga, secara tiba-tiba kapal langsung terbakar.

“Dugaan kuat, saat akan melepas tali mau berangkat membawa BBM, terjadi percikan api di mesinnya, sehingga menyebabkan kebakaran,” ujar AKP Thomas kepada wartawan.

Baca Juga

Atas kejadian itu lanjutnya, sejumlah warga berupaya menggeser kapal kayu yang terbakar itu ke tengah laut dengan melepas tali kapal. Hal itu dilakukan, mengingat kapal itu bermuatan BBM dan membahayakan.

“Jadi digeser sama masyarakat ke tengah, juga agar api tidak merambat ke Pom Bensin apung dan kapal-kapal nelayan sekitar,” tambahnya.

Setelah mendapat laporan adanya kebakaran kapal tersebut, pihak Polair Polres Lingga, bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lingga turun ke lokasi dan melakukan pemadaman.

Proses pemadaman lanjutnya, dilakukan di tengah laut, guna mengantisipasi api merambat ke kelong ikan milik warga dan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dengan kerjasama pihak-pihak ini, api di kapal yang terbakar bisa dipadamkan sekira pukul 11.30,” ungkap Thomas.

Akibat kejadian ini Thomas menyebut tidak ada korban jiwa, dan dua orang ABK Kapal mengalami luka bakar. Namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 200 juta lebih.

“Untuk penyelidikan lebih lanjut, nanti kami akan periksa pihak-pihak terkait atas kejadian ini, termasuk ABK kapal untuk mengetahui apakah kebakaran ini murni kecelakaan atau akibat kelalaian,” ujarnya.

Penulis : Aulia
Editor : Redaksi

DPRD Lingga
Comments
Loading...