Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

10 WN Vietnam ABK Kapal Pencuri Ikan Di Ranai, Dipindah ke Rudenim Pusat Tanjungpinang

Sebanyak 10 WN Vietnam saat tiba di Rudenim pusat kota Tanjungpinang. (Foto:Roland/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pusat Tanjungpinang menerima 10 orang Warga Negara (WN) Vietnam dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI  Ranai.

Kepala Seksi Pemulangan dan Deportasi Rudenim Tanjungpinang Kristian, mengatakan ke 10 orang WN Vietnam itu, merupakan pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai Kabupaten Natuna.

“Ke 10 WN Vietnam itu tiba di Tanjungpinang dengan pengawalan petugas imigrasi,” ujar Kristian di kantor Rudenim Tanjungpinang, Rabu (24/11/2021).

Kristian menyampaikan  bahwa setelah menerima kemudian ke 10 orang ini dilakukan pengecekan identitas atau administrasi dan pengecekan kesehatan.

Ke 10 WN Vietnam ini, lanjut Kristian akan berada di Rudenim dalam rangka menunggu proses penderpotasian dan proses hukumnya selesai. Setelah itu, data keimigrasianya akan kembali dicek  untuk dokumen perjalan.

Selanjutnya berkoordinasi dengan Kedutaan Vietnam di Indonesia dalam rangka proses pendeportasian.

Ditempat yang sama, Kasubsi  Intelijen Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai M Imran Koda, menambahkan sejumlah detenin yang dibawa dari  Ranai ke Tanjungpinang itu, merupakan WNA yang terlibat dalam kasus illegal fishing, hasil tangkapan PSDKP Ranai dan Lanal Ranai.

“Seluruhnya  menjadi korban, ABK Kapal yang dibawa oleh Kapten Kapal,” paparnya.

Imran menyebutkan untuk kapten kapal dan Kepala Kamar Mesin (KKM) diproses secara hukum, sedangkan ABK, hanya dijadikan sebagai saksi

Ke 10 orang WN Vietnam diantaranya:
1.Huyn Thanh Hai (34)
2.Banh Van Quang (21)
3.Tran Van Phen (46)
4.Hyun Than Tan (36)
5.Ngo Minh Thi (38)
6.Nguyen Van Lam (46)
7.Nguyen Van Duong  (67)
8.Do Thanh Dat (48)
9.Tran Van Si (54)
10.Le Van Phuong (42)

Penulis :Roland
Editor   :Redaksi 

Comments
Loading...