Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
maulidnabidewan
SumpahPemuda2021

Dinsos, GOW dan PGRI Lingga, Gelar Dialog Peran Guru dan Orang Tua Mendidik dan Melindungi Anak

Dinsos, GOW dan PGRI Lingga, Gelar Dialog Peran Guru dan Orang Tua Mendidik dan Melindungi Anak (Foto:Aulia/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) serta Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Lingga menggelar acara Dialog Sinergitas Orang Tua dan Guru Dalam Mendidik dan Melindungi Anak.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua GOW Kabupaten Lingga, Maratussoliha Nizar di Aula SMA Negeri 1 Lingga, Rabu (24/11/2021).

Hadir sebagai narasumber adalah psikolog UPTD PPA Provinsi Kepri, Riska Novi Pratiwi M.Psi dan Tenaga Ahli UPTD PPA Provinsi Kepri, Marlina.

Ketua GOW Kabupaten Lingga, Maratussoliha Nizar mengatakan, peran aktif dan pengawasan orang tua terhadap tumbuh kembangnya anak menjadi hal penting dimasa sekarang.

Selain memberikan hal positif, orang tua juga memiliki peran membantu anak untuk mengembangkan potensi diri agar tumbuh menjadi pribadi yang memiliki kemampuan, kecerdasan dan pengendalian diri dari pengaruh negatif lingkungan.

“Jadi peran ini tidak hanya pada ibu, Namun peran bapak juga menunjang masa depan dan tumbuh kembang anak,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinsos P3A, Kisan Jaya, kegiatan dialog yang digelar merupakan prakarsa GOW Kabupaten Lingga, yang kemudian disambut baik oleh pihak dinas. Pendanaanya juga, dilakukan secara swadaya dengan melibatkan beberapa organisasi seperti PGRI Kabupaten Lingga dan lembaga peduli anak.

“Keinginan GOW melalui Dialog ini agar kita semua sebagai orang tua dan lembaga lainya, ikut beberapa dan peduli terhadap anak,” katanya.

Selain itu, dialog dengan tema “Anak hebat, Orang Tua terlibat” ini, Lanjutnya, untuk memberikan edukasi kepada orang tua dalam pembinaan dan mengawasi karakter anak.

“Melalui kegiatan ini, kita harapkan bisa mengedukasi orang tua dalam mendidik dan mengawasi anak sebagai generasi penerus kita,” jelasnya.

Sementara PGRI Kabupaten Lingga yang diwakili Wakil Ketua I PGRI Kabupaten Lingga Darwis, mengatakan sejauh pantauannya permasalahan anak di sekolah itu banyak sekali, tidak terkecuali pada jenjang apapun.

Dengan kemajuan digitalisasi ini juga, selain mempermudah dalam akses penunjang pendidikan, tetapi pengaruhnya juga besar terhadap lingkungan anak.

Dia menerangkan alasan pihaknya menggandeng narasumber yang berlatar belakang psikologis, karena memang pada jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar, harus menyertakan surat keterangan psikologi.

“Itu akan kita dudukkan kembali dengan pemangku kebijakan, apakah wajib diterapkan atau tidak,” kata dia.

Penulis:Aulia
Editor  :Redaksi

DPRD Lingga
Comments
Loading...