Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sempat Melawan Saat Ditangkap, Residivis Pelaku Hipnotis Diamankan Polsek Tanjung Uban

Tersangka Tj (36) Perlaku Penipuaan dengan Modus Hipnotic ditangkap Polisi di Tanjung Uban-Bintan (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Seorang pelaku kejahatan dengan modus hipnotis Tj (36) diamankan Polisi di Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara. Bahkan saat tangkapan, pelaku Tj sempat melawan aparat Kepolisi.

Kapolsek Bintan Utara Kompol Suharjono, mengatakan penangkapan tersangka penipuan Tj (36), dilakukan atas laporan beberapa korban, yang mengaku tertipu dan dihipnotic pelaku.

Cara pelaku melakukan aksinya, adalah dengan sengaja datang dari Tanjungpinang ke Tanjung Uban untuk mencari korbanya orang yang sudah lansia.

“Modusnya, Pelaku yang menggunakan motor sengaja berhenti menemui calon korbannya, setelah itu berpura-pura kenal dan mengajak korban bicara,” ujarnya.

Setelah itu, pelaku menawarkan pekerjaan yang menggiurkan kepada korban dan mengajaknya untuk pergi bersama dengannya. Setelah korban dibonceng dengan sepeda motornya, pelaku membawa korban menuju tempat sepi.

“Di Tempat sepi itu pelaku kemudian berpura-pura akan menukarkan duit dollar ke rupiah kepada korban. Saat korban sudah memberikan sejumlah uang, baru Pelaku pergi meninggalkan korban di tepi jalan seorang diri,” Ujarnya.

Setelah Pelaku pergi, korban pun baru sadar kalau dirinya telah ditipu dengan dihipnotis.

Dari pengakuan pelaku lanjut Kapolsek Suharjono, sudah 2 bulan melakukan aksinya di Bintan. Dan selama 2 bulan itu, ada 7 korban yang dihipnotis dan ditipunya.

“Namun dari jumlah itu, hingga saat ini baru 4 korban yang melaporkan kejadian yang dialami ke kepolisian,” ujarnya.

Pelaku sebut Kapolsek, ditangkap pada 14 November 2021 lalu oleh anggota Bhabinkamtibmas di salah satu tempat di Tanjung Uban.

Penangkapan Pelaku Tj, berawal ketika salah seorang korban sempat melihat pelaku berada di salah satu swalayan di Tanjunguban. Saat itu, korban langsung mengejarnya.

Aksi kejaran-kejaran itu pun, menjadi perhatian semua orang, termasuk salah satu anggota Bhabinkamtibmas di Tanjunguban Selatan Bripka Andika Aswar yang kebetulan berada di lokasi.

Anggota Polisi Bripka Andika Aswar saat itu langsung bergerak menghentikan Pelaku. Namun pelaku tidak mengindahkannya, bahkan memberikan perlawanan sehingga terjadi duel antara pelaku dan Polisi.

“Anggota kita duel dan cedera. Namun tetap pertahankan pelaku dengan memeluknya. Aksi duel itupun akhirnya membuat warga dan anggota TNI spontan membantu. Berkat bantuan dari masyarakat dan anggota TNI tersangka berhasil diamankan dan dibawa ke Polsek Bintan Utara,” jelasnya.

Saat ini pelaku ditetapkan sebagai tersangka Penipuan dengan Modus Hipnotis dan dijerat dengan pasal 732 jo pasal 738 KUHP. Dan dari pemeriksaan yang dilakukan, tersangka juga merupakan residivis dalam perkara yang sama.

Tersangka Tj juga mengaku perbuatanya, dan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini pelaku dijebloskan ke Sel tahanan Polsek Tanjung Uban.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...