Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kasus Covid Kepri Kembali Meningkat, Positif Covid Lokal 17 Kasus, PMI/WNA 211 Kasus

Ilustrasi Virus Covid (foto-pixabay.com)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kasus positif Covid-19 di provinsi Kepulauan Riau, kembali meningkat. Jika pada akhir 2021 sebelumnya nol kasus, Diawal 2022 bertambah menjadi 17 kasus Positif Covid lokal.

Selain kasus positif Covid lokal, Satgas Khusus PMI dan WNA Kepri di Batam juga mencatat, sebanyak 211 orang PMI dan WNA yang tiba dari Malaysia dan Singapura positif Covid dan saat ini dirawat di RSKI Pulau Galang Batam.

Data satgas penanganan Covid-19 Provinsi Kepri 9 Januari 2022, ke 17 orang kasus positif Covid-19 lokal di Kepri itu, berada di 3 wilayah diantaranya, Kota Batam 8 orang, Karimun 7 orang dan Tanjungpinang 2 orang.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kepri Lamidi mengatakan, dari 17 kasus aktif Covid yang ditemukan hanya satu pasien yang dirawat di Rumah Sakit Embung Fatimah, Batam.

“Sementara, 16 orang lainnya sedang menjalani isolasi mandiri,” ujarnya Senin (10/1/2022).

Selain itu, secara zonasi dari 7 kabupaten/kota, hanya 3 yang saat ini berstatus zona kuning. Yakni, Batam, Karimun dan Lingga. Sementara sisanya, masih berstatus zona hijau.

Lamidi mengimbau, agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan.

“Pandemi belum berakhir, tetap waspada dan tetap menerapkan Prokes,” imbaunya.

Sebanyak 211 PMI dan WNA Positif Covid, 2.206 Lainya Lakukan Karantina di Batam

Sementara itu, Satuan Tugas Khusus (Satgasus) PMI provinsi Kepri, mengatakan dari 2.417 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang pulang dari Malaysia dan Singapura masuk ke Kepri, 211 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini dirawat di RSKI Galang.

Sementara 2.206 lainnya melaksanakan karantina terpadu dan Mandiri di sejumlah tempat di Batam bedasarkan data Satgasus pemulangan PMI dan WNA pada 5 Januari 2022 lelu.

Pjs Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP Kepri Mayor Inf Reza Fahlevi mengatajan penanganan pemulangan PMI dan WNA dari luar Negeri melalui pintu masuk laut Kepri terus kendalikan Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu.

Tim Satgasus lanjutnya, terus berupaya secara maksimal mempercepat penanganan Covid-19 khususnya di wilayah prov.Kepri melalui pemeriksaan ketat di Pintu Perlintasan dan penganan yang Positif dan Karantina bagi yang baru tiba.

Hingga saat ini, lanjutnya ada 2.206 orang PMI melaksanakan Karantina yang terdiri dari 2.134 PMI/WNI dan 72 Warga Negara Asing (WNA).

PMI yang dikarantina, berada di tiga rusun yaitu Rusun Pemko Batam Tanjung Uncang 759 Orang, di Rusun BP Batam Tanjung Uncang 578 Orang dan di Rusun Pemkot Putra Jaya sebanyak 358 Orang.

Sedangkan PMI yang melaksanakan Karantina Mandiri ada 285 orang di 10 hotel yang ditetapkan di Batam, Kemudian di Shelter P4TKI Batam kota 15 Orang.

Sedangkan 211 orang PMI yang terkonfirmasi positif covid-19 saat ini dilakukan penanganan dan perawatan di RSKI Pulau Galang.

Penulis :Ismail
Editor    :Redaksi

Comments
Loading...