Tunggu Izin Kemenkes, Pemprov Kepri Siap Lakukan Vaksinasi Booster

Gubernur Kepri Ansar Ahmad (Dok-Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan akan memulai vaksinasi booster pada 13 Januari 2022 mendatang. Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengungkapkan saat ini pihaknya masih menunggu izin dan instruksi dari Kementerian Kesehatan tentang petunjuk teknis vaksin ketiga tersebut.

“Kalau izin dari Kemenkes sudah keluar besok, kita bisa memulai vaksin booster di Kepri dengan memanfaatkan momen kunjungan Mendagri ke Kepri nanti,” ungkapnya saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Vaksin Booster di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (9/1/2022).

Ansar menyampaikan, Provinsi Kepri memang termasuk dalam daerah yang memenuhi kriteria untuk melaksanakan vaksin booster. Karena, capaian vaksinasi dosis 1 sudah melebihi 70 persen dan lebiih dari 60 persen untuk vaksinasi dosis 2.

“Di Kepri, ada empat kabupaten/kota yang memenuhi syarat tersebut, yaitu Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna,” ujarnya.

Terkait sasaran vaksin booster, pemerintah pusat memprioritaskan pemberian vaksin booster bagi kelompok lansia dan kelompok rentan. Lalu, pemberian vaksin booster juga diberikan pada kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Menyangkut target vaksinasi lainnya, skemanya masih digodok pemerintah pusat.

“Kalaupun izin dari pusat untuk vaksin booster belum keluar, kunjungan Mendagri nanti kita gantikan dengan vaksinasi anak. Yang jelas kunjungan menteri itu harus dibarengi dengan serbuan vaksinasi,” demikian Ansar.

Penulis :Ismail
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.