Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Vaksinasi Booster di Kepri Mulai Dilaksanakan 13 Januari 2022

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wakil Satgas saat Rapat Persiapan Peluncuran Vaksin Booster di Gedung Daerah, Tanjungpinang. (Foto:Humas-Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pelaksanaan vaksinasi booster atau ketiga akan dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/kota se-Kepri pada Jumat 13 Januari 2022 besok.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengungkapkan peluncuran vaksin booster di Kepri akan digelar di Batam oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Tidak hanya di Batam, vaksinasi booster juga akan dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota di Kepri pada hari yang sama.

“Vaksin booster sudah boleh untuk seluruh kab/Kota se Kepri karena semua Kab/Kota di Kepri Capaian Vaksinasi dosis 1 sudah lebih dari 70 persen dan lansia sudah lebih dari 60 persen,” ujarnya dalam Rapat Persiapan Peluncuran Vaksin Booster di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (11/1/2022) kemarin.

Ia menjelaskan, sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, prioritas penerima vaksinasi Booster adalah kaum lansia dan kelompok penduduk di atas 18 tahun.

Pada hari pertama nanti, di targetkan 10 ribu penduduk di Kepri akan disuntik vaksin booster. Rincianya, di kota Batam ditargetkan pada 4.250 penduduk, Kota Tanjungpinang 2.500 penduduk, Kabupaten Bintan 1.000 penduduk, Kabupaten Karimun 1.000 penduduk, Kabupaten Lingga 250 penduduk, Kabupaten Anambas 250 penduduk, dan Kabupaten Natuna 250 penduduk.

“Diharapkan dengan adanya vaksin dosis ketiga ini maka perlindungan  bagi seluruh masyarakat Kepri akan semakin meningkat untuk mengantisipasi virus Covid-19 varian baru Omicron,” kata Ansar.

Adapun ketentuan untuk vaksinasi booster tersebut, yakni dengan sasaran berusia lebih dari 18 tahun dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap. Atau  yang telah mendapatkan dosis 2 minimal 6 bulan sebelumnya. Dan  prioritas kepada lansia, kelompok rentan dan kelompok immunocompromised.

Sedangkan kombinasi awal/heterolog pemberiannya adalah, vaksinasi dosis 1 dan 2 jenis sinovac akan mendapat booster 1/2 dosis (0,25 ml) Pfizer. Kemudian untuk vaksinasi dosis 1 dan 2 jenis sinovac akan mendapat booster 1/2 dosis (0,25 ml) astrazeneca.

Sedangkan untuk  vaksinasi dosis 1 dan 2 jenis astrazeneca akan mendapat booster 1/2 dosis (0,25 ml) moderna.

Penulis :Ismail
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...