Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemkab Bintan Tetapkan Dua Desa di Bintan jadi Lumbung Pangan

Sekda Bintan Adi Prihantara saat menyerahkan penetapan dua desa di Bintan menjadi Lumbung Pangan (Foto:Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan menghadirkan dua lumbung pangan untuk Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya dan Desa Pangkil, Kecamatan Teluk Bintan.

Pengoperasian lumbung pangan itu, dilakukan secara langsung Sekda Bintan, Adi Prihantara kepada pihak pengelola yang terdiri Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Agri Bangun Jaya dan Gapoktan Mitra Bahari, Rabu (12/1/2022).

Adi Prihantara mengatakan lumbung pangan masyarakat merupakan kegiatan pengembangan cadangan pangan dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan masyarakat terhadap kerentanan atau kerawanan pangan.

“Ini sebagai lanjutan dari upaya stabilitas ketersediaan pangan di Bintan,” ujar Adi.

Persoalan pangan tidak sekedar menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi, perlu adanya sinergitas keterlibatan masyarakat langsung sebagai pembangun utama.

Hal itu sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 2012 Pasal 33 Ayat 2 tentang Pangan. Dalam aturan tersebut mengamanatkan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah memfasilitasi pengembangan cadangan pangan sesuai dengan kearifan lokal.

“Lumbung pangan ini sebagai keseriusan kita juga. Jangan sampai ada kerawanan pangan di Bintan. Wilayah yang produktif pangan atau tidak harus sama-sama terbebas dari kerentanan pangan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan, Khairul mengaku sudah beberapa lokasi di Kabupaten Bintan memiliki lumbung pangan. Seperti di Poyotomo sebagai contoh lumbung di wilayah produksi dan Desa Dendun sebagai contoh lumbung pangan bagi daerah yang dikhawatirkan rentan ketersediaan pangan.

“Selain ketersediaan pangan yang stabil, kehadiran lumbung pangan diharapkan bisa menekan harga pangan itu sendiri. Bahkan kalau bisa, kumpulkan semua produksi pangan yang ada di lumbung ini untuk dikelola oleh gapoktan baru kemudian didistribusikan ke pasar,” ucapnya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...