Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Hery Wahyu Diperiksa Jaksa Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan TPA

Kantor Kejaksaan Negeri Bintan di Jalan Raya Tanjung Uban Toapaya Selatan Bintan. (Foto:Dok/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bintan Hery Wahyu diperiksa penyidik Kejaksaan Bintan, Rabu (12/1/2022).

Hery Wahyu dipanggil dan diperiksa atas dugaan korupsi pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Tanjung Uban Selatan yang saat ini diselidiki Jaksa.

Pantauan di kejari bintan, Heri Wahyu, datang ke Kantor Kejari Bintan pada pagi hari dengan menumpangi Mobil Kijang Innova Hitam BP 1237 BB. Mobil itu diparkir di Halaman Parkir di Kantor BP Kawasan Bintan yang bersebelahan dengan Kantor Kejari Bintan.

Selanjutnya, dia diperiksa kurang lebih sekitar 7,5 jam oleh penyidik bidang intelijen kejaksaan dan selesai pada pukul 16.50 WIB.

“Iya saya tadi dimintai keterangan soal TPA,” saat dikonfirmasi usai diperiksa.

Pengadaan lahan itu dilakukannya saat menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Bintan pada 2018 lalu.

Kepala kejaksaan Negeri Bintan I Wayan Riana, juga membenarkan pemeriksaan mantan Kadis Perkim Bintan Hery Wahyu itu. Selain Heri Wahyu, penyidik Jaksa dikatakan juga memanggil dan meminta keterangan Kadis Perkim Bintan yang sekarang ini dan PPTK Dinas Perkim.

“Kita juga sudah periksa lurah dan camat yang menjabat 2018. Begitu juga dengan eks tukang ukur serta Ketua RT di lokasi TPA,” katanya.

Pengadaan lahan TPA sampah di Tanjung Uban Selatan, Kecamatan Bintan Utara itu terjadi 2018 lalu. Lahan yang dibebaskan atau diganti rugi seluas 2 Ha namun ada dugaan tumpang tindih lahan dengan warga lainnya sehingga pihaknya mengungkap kasus tersebut.

“Masih dalam pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket),” ucapnya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...