Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tahun ini Pemkab Bintan Bayar Ganti Rugi Lahan Warga Proyek Embung Bukit Batu

Kepala dinas PUPR Bintan Herry Wahyu saat mendampingi anggota Komisi I DPRD Kepri (Foto:Hasura/presmedia,id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan menyiapkan Rp 5,8 Miliar anggaran APBD 2022, untuk ganti rugi lahan proyek Embung Air Baku Hulu Bukit Batu di Pusat Perkantoran Pemkab Bintan, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan.

Embung yang dikerjakan oleh Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV ini, berada di 27 Hektare (Ha) lahan yang sejak 2017 lalu belum diselesaikan.

Tragisnya, kendati proyek pembangunan embung saran air baku ini, sudah dilaksanakan, tapi hingga saat ini hak-hak warga atas kepemilikan lahan di proyek tersebut belum diganti rugi.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, dengan persoalan itu, Pemerintah kabupaten Bintan akan berusaha memenuhi dan menyelesaikan hak-hak masyarakat pada tahun ini.

“Mudah-mudahan permasalahan lahan warga yang sejak 5 tahun lalu belum terselesaikan, tahun ini akan dapat kita penuhi dengan mengalokasikan anggaran ganti rugi sebesar Rp 5,8 miliar di APBD,” ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Bintan, Herry Wahyu juga mengatakan, permasalahan ganti rugi lahan warga yang dari dulu terjadi itu, kini akan selesai dan alokasi anggarannya sudah dialokasikan di APBD Bintan 2022 sebesar Rp 5,8 miliar.

Besaran dana yang dialokasikan itu tidak hanya untuk ganti rugi lahan saja, Tetapi, juga untuk pengurusan administrasi serta biaya tim appraisal.

Selain itu Pemkab Bintan juga sudah berkoordinasi dan berkomunikasi ke Ombudsman Kepri sebagai tindak lanjut penyelesaian ganti rugi lahan tersebut.

“Jadi tinggal pelaksanaannya sambil menunggu laporan tim apraisal saja,” kata Herry Wahyu, saat menerima Kunjungan Ketua Komisi I DPRD Kepri, Bobby Jayanto di Embung Air Baku Hulu Bukit Batu, Jumat (14/1/2022).

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Bobby Jayanto mengatakan dalam proses ganti rugi lahan tersebut pihaknya akan terus memantau sejauh mana perkembangannya.

Ia juga berharap agar permasalahan bersama masyarakat tersebut cepat terselesaikan.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Comments
Loading...