Lolos Prasyarat Travel Bubble, Wisman Dari Singapura Ke Dua Kawasan di Kepri ini Tidak Perlu Karantina

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno saat memberi keterangan mengenai penerapan dan prasyarat Travel babel di dua kawasan di Kepri. (Foto: Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang akan berkunjung ke dua kawasan Nongsa Point Batam dan kawasan Wisata Lagoi Bintan, dibebaskan dari Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri, sepanjang WNA tersebut mengikuti prasyarat yang ditetapkan negara Singapura dan Indonesia dalam program Travel Bubble.

“Jadi selama mereka (Wisman-red) bisa mengikuti prasyarat yang sudah ditentukan dalam program travel Bubble Indonesia-Singapura ini, Wisman atau WNA tersebut bisa datang dan berkunjung ke dua kawasan wisata kepri yaitu kawasan Nongsa Point Batam dan Kawasan Lagoi di Bintan,” ujarnya usai melakukan pengecekan kesiapan pengelola kawasan Lagoi pada wartawan di pelabuhan Bintan Beach Telani (BBT) Lagoi.

Sejumlah syarat travel bubble yang saat ini rumusannya masih dalam tahap finalisasi kata Sandiaga, terdiri dari memiliki Aplikasi PeduliLindungi, Tes swab PCR-nya saat kedatangan negatif, sudah melakukan Vaksin minimal 2-3 kali, memiliki Dokumen perjalanan dan terakhir mematuhi peraturan dan mekanisme yang diterapkan dalam program travel bubble ini,” katanya.

Dalam program travel bubble Batam, Bintan dan Singapura ini, lanjut Sandiaga wilayah Departure atau keberangkatan Wisman di Singapura ditetapkan di Tanah Merah, sedangkan Entri Point (Ketibaan) di Indonesia berada di pelabuhan dua kawasan Nongsa Point Batam dan BBT Lagoi.

Mengenai warga negara asal Wisman, dari negara pun bisa masuk dari kawasan keberangkatan di Singapura dengan mekanisme, lolos prasyarat yang ditetapkan dalam program Travel Bubble.

“Wisman yang sudah memenuhi prasyarat travel bubble sebagaimana yang disepakati Singapura dan Indonesia dapat langsung berkunjung ke dua kawasan yang diterapkan di Kepri ini tanpa melalui Karantina,” ujarnya.

Sandiaga juga mengatakan, program travel Bubble yang akan beroperasi di dua kawasan di Kepri dengan lokasi Nongsa Point Batam dan Lagoi Bintan itu, Penerapan nya juga akan dievaluasi secara tertata setiap bulan.

Karena menurutnya, sebagaimana program pemerintah saat ini Pengendalian dan penanganan Pandemi Covid-19 menjadi hal utama, dan peningkatan serta kebangkitan Ekonomi perlu dilakukan, yang salah satunya melalui program travel bubble yang akan dilaksanakan.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.