Tingkatkan Indeks Kualitas Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Bintan Validasi RTH

Kepala DLH Bintan, Aprizal Bahar. (Foto : Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan akan memvalidasi ketersediaan kawasan taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayahnya.

Kepala DLH Bintan, Aprizal Bahar, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan validasi terkait data taman-taman dan RTH melalui kecamatan dan kelurahan sebagai bagian dalam proyeksi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berwawasan lingkungan 2021-2025.

“Ini sebagai langkah peningkatan RTH guna mewujudkan lingkungan kawasan terbuka yang berkualitas, nyaman dan sehat,” ujar Aprizal.

Menurutnya, RTH ini nanti akan menjadi sangat penting dalam meningkatkan indeks kualitas hidup. Yaitu melalui peningkatan indeks kualitas udara, indeks kualitas air dan indeks kualitas lingkungan.

Kemudian RTH tersebut tentunya akan memberikan kualitas lingkungan yang terbaik bagi masyarakat dimana kawasan itu akan memiliki banyak manfaat sebagai lokasi tempat rekreasi warga, memperindah kawasan, fungsi ekologi tumbuhan, fungsi planologi juga sekaligus sebagai area resapan.

“RTH di Kabupaten Bintan selaras dengan RPJMD yang berwawasan lingkungan agar bisa ditingkatkan dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat banyak,” katanya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.