maulidnabidewan

Anggarkan Rp 2 M, Puskesmas Rejai Tahun Ini Dibangun

Bupati Lingga, Muhammad Nizar, saat melakukan peninjauan dititik lahan pembangunan Puskesmas di Desa Rejai. (Foto : Aulia/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan Puskesmas di Pulau Rejai tahun ini.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar, mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dibidang kesehatan. Meski penanganan pandemi masih menjadi fokus kerja di Dinas Kesehatan PPKB saat ini, namun pemerintah daerah juga tidak mengabaikan pembangunan lainnya, baik dengan pembangunan fisik maupun dalam bentuk fasilitas kesehatan.

“Pembangunan puskesmas segera tahun ini,” katanya saat melakukan peninjauan lahan pembangunan Puskesmas di Desa Rejai, Rabu (26/01/2022).

Ia menyatakan., komitmen pelayanan kesehatan di Bakung Serumpun sebelumnya memang pernah digaungkan sejak pemerintahannya bersama Alias Wello sebagai Bupati Lingga. Mulai dari pemekaran wilayah Kecamatan Senayang menjadi 3 Kecamatan yakni Kecamatan Karang Bidare, Temiang Pesisir dan Bakung Serumpun.

Bahkan, komitmen itu semakin jelas setelah peresmian UPT Puskesmas Rejai, yang semulanya berstatus Pustu pada 25 September 2020 lalu.

“Hingga akhirnya, dengan total pagu lebih kurang Rp 2 Miliar untuk tahapan awal, melalui Dinas Kesehatan PKKB, Pemerintah Kabupaten Lingga akan mendirikan Puskesmas Rejai tahun 2022 ini,” ucapnya.

Sementara DPRD Lingga, Ahmad Nashiruddin, mengemukakan total anggaran untuk pembangunan Puskesmas Rejai sebesar Rp 4 miliar. Namun, untuk tahap awal ini baru dialokasikan Rp 2 miliar.

“Grand Desain ini itu 2 lantai, dan dimulai pada tahap satu. Lebih kurang dibutuhkan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk menuntaskan. Tetapi alhamdulilah nanti, pada bangunan tahap satu ini, insyaallah sudah bisa digunakan nantinya setelah selesai pembangunan, lebih kurang 6 bulan,” tegas dia.

Tahun ini, menurut dia DPRD juga telah menganggarkan jalan menuju Puskesmas. Pemerintah daerah tidak ingin fasilitas bangunan berdiri namun jalan menjadi penghambat. Maka dari itu, pelan-pelan dianggarkan untuk memudahkan akses menuju Puskesmas nantinya.

“Selain itu beberapa kegiatan di Dinas Pendidikan, untuk SMP disini. Jadi nanti sama-sama kita pantau nanti agar kegiatan pembangunan sesuai dengan yang direncanakan,” kata dia.

Penulis : Aulia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.