Pemerintah Pusat Beri Sinyal Buka Seluruh Pintu Masuk Pelabuhan Internasional Seluruh Wilayah Kepri

 

Wisman Singapura saat tiba di Pelabuhan BBT Lagoi dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Pusat akhirnya mengizinkan pembukaan pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Izin tersebut merespon surat Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, tanggal 15 Maret 2022 tentang Penyampaian Permohonan Usulan Dalam Rangka Optimalisasi Kunjungan Wisman/PPLN khusus di Kepri.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengakui Presiden Jokowi melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara lisan telah mengizinkan untuk membuka pintu-pintu masuk wisman di seluruh wilayah Kepri.

Hal tersebut disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi, kepada dirinya melalui sambungan telepon pada, Senin (21/3/2022). Dan kebijakan lisan tersebut akan segera ditindaklanjuti melalui surat edaran.

“Secara lisan, pak Menteri mengizinkan kita membuka seluruh pelabuhan internasional di seluruh Kepri untuk wisman. Dan ini tentu saja menjadi angin segar bagi dunia pariwisata kita. Memang sebelumnya kita sudah menyurati presiden terkait ini, agar kita bisa membuka seluruh pelabuhan internasional yang ada,” ujarnya.

Ansar menjelaskan, salah satu poin yang diusulkan Pemprov Kepri untuk memperluas wilayah pemberlakuan PPLN khusus selain di Batam dan Bintan. Dengan pertimbangan, penerapan travel bubble di kedua wilayah tersebut realisasi kunjungan wismannya masih sangat minim.

“Persetujuan secara lisan ini akan segera ditindaklanjuti dengan surat edaran oleh Pemerintah pusat. Bagaimanapun juga, untuk mengoptimalkan kunjungan wisman di Kepri, kita akan terus melakukan upaya-upaya yang memang perlu kita lakukan,” kata Ansar.

Dalam suratnya, Gubernur Ansar melaporkan realisasi angka kunjungan wisman/PPLN Khusus di Batam dan Bintan pada periode 23 Februari 2022 sampai 12 Maret 2022 untuk kawasan Lagoi di Bintan hanya sebanyak 171 wisman dan untuk kawasan Nongsa di Batam sebanyak 127 wisman.

Selain itu, Ansar juga memberi apresiasi dan berterimakasih kepada pemerintah pusat yang selalu mendukung penuh agar percepatan pemulihan ekonomi di Kepri melalui sektor pariwisata dapat digesa.

“Perlu kita syukuri tentunya, karena dengan kebijakan ini percepatan pemulihan sektor pariwisata kita akan dapat segera digesa. Jadi tidak hanya terpusat di Batam dan Bintan saja. Namun seluruh wilayah Kepri dapat merasakan pertumbuhan kembali ekonomi melalui sektor pariwisata yang memang menjadi andalan kita,” tutup Ansar.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.