Langgar Perda, 15 Pelaku “Kumpul Kebo” Divonis Denda Rp250 Ribu Subsider 5 Hari Kurungan 

Terbukti langgar Perda 15 Pelaku Kumpul Kebo Divonis Denda Rp250 Ribu subsider 5 hariu kurangan oleh hakim pada sidang setempat Hakim PN Tanjungpinang di Aula Kelurahan Sei Jang
Terbukti langgar Perda 15 Pelaku Kumpul Kebo Divonis Denda Rp250 Ribu subsider 5 hariu kurangan oleh hakim pada sidang setempat Hakim PN Tanjungpinang di Aula Kelurahan Sei Jang

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang menghukum denda Rp250 ribu subsider 5 hari kurungan 15 pria dan wanita karena terbukti melanggar Perda ketertiban umum, bersama-sama dalam satu rumah (Kumpul kebo-red) tanpa status perkawinan.

Putusan dijatuhkan Hakim Tunggal Isdaryanto didampingi Panitera Pengganti Melva Sitompul serta dihadiri Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tanjungpinang Desta Garindra dan Sari Lubis, pada sidang setempat di Aula Kelurahan Sei Jang, Kamis (24/3/2022).

Dalam putusan, Hakim mengatakan, ke 15 terdakwa yang terdiri dari 8 perempuan dan 7 laki-laki, terbukti bersalah melanggar Peraturan Daerah nomor 7 tahun 2018 Perubahan atas Peraturan daerah Nomor 5 tahun 2015 Tentang Ketertiban Umum.

“Atas perbuatanya, menghukum masing-masing terdakwa (15 laki-laki dan perempuan-red) dengan hukuman denda Rp250 ribu subsider 5 hari kurungan,” ujarnya.

Related Posts

Kepala Bidang Perundang-undangan Daerah (PPUD) Satpol-PP Tanjungpinang Agus usai persidangan mengatakan,  ke 15 warga itu diamankan dalam Operasi Persuasif Yustisi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Tanjungpinang pada Rabu (23/3/2022) malam.

“Ke 15 warga itu merupakan pasangan yang ditemukan dalam satu rumah tanpa status perkawinan. Bahkan dalam satu kos ada dua cewek dan satu laki-laki,” kata Agus.

Menurutnya kegiatan ini upaya untuk mengurangi penyakit masyarakat diantaranya terkait masalah asusila khususnya pada kos-kosan dan wisma.

Untuk denda yang dijatuhkan Hakim kepada masing-masing pasangan, nantinya akan masuk ke PAD Kota Tanjungpinang.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak bagi mereka untuk tidak mengulangi perbuatannya kembali,” pungkasnya.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.