Presiden Jokowi Direncanakan Letakan Batu Pertama Pembangunan Sirkuit F1 Bintan

Usai melakukan MoU Bambang Soesatyo dan CEO of Gallant Venture bersama Gubernur Kepri juga melakukan groundbreaking pembangunan Sirkuit F1 di Kawasan Wisata Lagoi-Bintan (Foto:Ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Presiden Joko Widodo, direncanakan akan melakukan peletakan batu pertama, pembangunan Bintan International Circuit (BIC) setelah lebaran Idul Fitri mendatang.

Hal itu dikatakan Gubernur Kepri Ansar Ahmad usai menentukan titik koordinat lokasi pembangunan sirkuit F1 Bintan itu bersama Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto dan Group General Manager PT.Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab di Lagoi Minggu, (27/3/2022).

Ansar mengatakan, usai penandatanganan MoU, perusahaan Gallant Venture Pte Ltd bekerjasama dengan PT.Bintan Resort Cakrawala terus melakukan persiapan agar pembangunan sirkuit bertaraf internasional itu segera bisa terwujud.

Setelah menentukan titik koordinat, Gallant Venture Pte Ltd bersama dan BRC, juga telah beberapa kali melakukan rapat teknis bersama Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo beberapa waktu sebelumnya.

Tinton Soeprapto sendiri merupakan salah satu legenda hidup dan ikon pembalap nasional di era 1970-an hingga 1980-an yang merupakan ayah dari dua pebalap nasional Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto.

Tinton yang masih aktif mengurus Sirkuit Sentul, Bogor Jabar saat itu juga hadir langsung meninjau titik koordinat rencana pembangunan sirkuit F1 di Bintan, serta melihat langsung fasilitas-fasilitas pendukung penyelenggaraan F1.

Gubernur Ansar berharap, kehadiran para petinggi IMI pusat serta legenda industri olahraga otomotif Indonesia itu meninjau langsung lokasi pembangunan BIC di Lagoi, akan semakin memantapkan langkah pembangunan sirkuit yang akan menjual keindahan alam Bintan sebagaimana di Sirkuit Mandalika.

“Selain itu, saran, ide dan masukan dari Pak Tinton sangat kita butuhkan, agar sirkuit ini nantinya jadi kebanggaan Indonesia dan menjadi sirkuit termegah dan terindah di wilayah barat Indonesia,” ujar Gubernur Ansar.

BIC direncanakan akan menjadi salah satu fasilitas sport tourism yang ada di kawasan wisata Bintan Resort sebagaimana sebelumnya sering dilaksanakan sebelum Pandemi.

“Jika F1 diselenggarakan di BIC, akan menambah list sport tourism internasional yang digelar di Bintan Resort, Dengan estimasi penonton F1 ini nantinya akan mencapai 60 ribuan orang dalam satu hari. jumlah ini, tentu akan mendongkrak angka masuknya wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Kepri,” pungkas gubernur.

Pemerintah lanjut Ansar, akan memberikan dukungan sepenuhnya berupa percepatan pengurusan berbagai izin yang diperlukan untuk pembangunan sirkuit F1 BIC ini.

Penulis :Ismail
Editor   :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.