Duta Besar Amerika Temui Gubernur Kepri, Lihat Perusahan dan Peluang Investasi

Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Mr.Sung Y.Kim dan rombogan, saat melakukan pertemuan dengan gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang.
Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Mr.Sung Y.Kim dan rombogan, saat melakukan pertemuan dengan gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang. (Istimewa) 

PRESMEDIA.ID, Batam – Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Mr.Sung Y.Kim, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (29/3/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat kondisi perusahaan-perusahaan Amerika yang berada di Kepri serta membicara potensi serta peluang investasi lainnya.

Mr.Sung Y.Kim mengatakan, Pemerintah provinsi Kepri merupakan mitra yang sangat kuat dalam upaya memperluas hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

“Jadi itulah mengapa saya berkeinginan untuk hadir dan bertatap muka disini langsung dengan bapak Gubernur untuk mengucapkan terimakasih atas kemitraan yang telah terbangun,” ucapnya.

Ia menerangkan, perdagangan bilateral antara Indonesia di Batam dengan Amerika setiap tahunnya sudah melampaui angka USD 3 miliar. Jumlah tersebut, melewati 10 persen dari angka perdagangan bilateral secara keseluruhan antara Indonesia dan Amerika.

Namun demikian, Sung Y Kim berkeyakinan, masih banyak peluang-peluang yang bisa dilakukan untuk lebih meningkatkan volume investasi perdagangan itu.

“Kami nantikan kerjasama dengan Gubernur Kepri guna memastikan dan dapat mengeksplorasi lagi semua peluang-peluang yang ada. Termasuk nanti sebelum Oktober akan ada tim dari MCC yang akan datang melihat peluang-peluang apa saja yang ada disini,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengatakan sangat menyambut baik kedatangan duta besar Amerika itu, khususnya mengenai penjajakan investasi dan penanaman modalnya di Kepri.

“Bagi saya, tentu ini suatu kebahagiaan mendapat kunjungan dari duta besar seperti ini, Kita juga menawarkan kepada Pak Dubes untuk berulang-ulang kali melakukan kunjungan ke Kepulauan Riau. Mudah-mudahan jadi second home bagi beliau,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Ansar juga menyampaikan beberapa permohonan dukungan, salah satunya adalah Program Hibah Millennium Challenge Compact (MCC) yang merupakan program pemerintah Amerika Serikat yang dikelola oleh lembaga Millennium Challenge Corporation yang bertujuan memerangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Program MCC ini juga sedang kita bahas dengan tim dari Amerika. Tujuan untuk membantu infrastruktur percepatan arus logistik kita di Tanjungpinang. Kemudian rencana investasi di Bintan yang juga akan difasilitasi Atase Perdagangan dan investasi dari Kedutaan Amerika. Semoga bisa dibantu dan dapat segera terealisasi,” tutupnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Perwakilan Kadin di Amerika Serikat, selain itu hadir pula perwakilan pimpinan perusahaan-Perusahaan Amerika Serikat yang ada di Batam seperti PT. Mcdermott dan PT.Caterpillar yang sudah beroperasi lama di Batam, Kepulauan Riau.

Penulis :Ismail
Editor   :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.