Lantamal IV dan Basarnas Gelar Latihan Operasi SAR Penyelamatan

Operasi SAR Penyelamatan, anggota TNI dan Basarnas saat menyelamatkan salah satu korban dari laut ke Kapal (Foto: Dispen Lantamal IV Tanjungpinang)
Operasi SAR Penyelamatan, anggota TNI dan Basarnas saat menyelamatkan salah satu korban dari laut ke Kapal (Foto: Dispen Lantamal IV Tanjungpinang)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar latihan, penanggulangan kecelakaan laut bersama Basarnas Tanjungpinang di perairan Berakit, Kabupaten Bintan.

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dwika Tjahja Setiawan, mengatakan latihan bersama dengan Wing Udara I Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) itu dilakukan dengan menurunkan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) I.4-06/Setumu dan Sea Rider beserta Helikopter HU-4204.

“Dalam latihan ini juga melibatkan bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL yaitu Patkamla, Sea Rider dan Helikopter dan satu kapal nelayan sebagai penimbul situasi (bulsi),” ujar Dwika.

Kegiatan ini, lanjutnya menjadi bentuk interoperabilitas dan sinergitas dengan instansi setempat dalam menjaga profesionalisme prajurit, unsur dan Pangkalan sebagai tindak lanjut perintah Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah.

Kegiatan latihan juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pada setiap unsur (KRI/KAL/Patkamla) dalam setiap operasi, sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang pengembangan SDM TNI AL yang unggul.

Sementara itu, Asisten Operasi Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Agus Izudin, menjelaskan dalam kegiatan latihan yang disimulasikan telah terjadi kecelakaan kapal nelayan saat melakukan aktivitas di perairan Berakit.

Dimana telah terjadi Kebakaran dan kebocoran kapal yang mengakibatkan 4 korban nelayan, selanjutnya dilaksanakan operasi SAR oleh Helikopter yang bekerja sama dengan Patkamla dan Sea Rider.

Setelah korban berhasil ditemukan selanjutnya korban dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan dan diserahkan ke Kansar untuk pertolongan lebih lanjut.

Kepala Kansar (Kakansar) Kota Tanjungpinang selaku Pengendali operasi SAR langsung menindaklanjuti dengan menghubungi Dinas Kesehatan Lantamal IV untuk dilaksanakan pertolongan sesuai dengan tingkat keparahan sehingga pertolongan lebih lanjut diarahkan ke Rumah sakit TNI AL (Rumkital) Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang.

Penulis : Roland
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.