Dihadiri Sejumlah Menteri, Gernas BBI Nasional Dibuka di Batam

*Ansar Minta Diskresi Pusat Agar UMKM Kepri Lebih Kompetitif

Dihadiri Sejumlah Menteri, Gernas BBI Nasional Dibuka di Batam (Foto;Humas prov Kepri)
Dihadiri Sejumlah Menteri, Gernas BBI Nasional Dibuka di Batam (Foto;Humas prov Kepri)

PRESMEDIA.ID, Batam – Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad menghadiri kegiatan opening ceremony Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia dan Gebyar Melayu Pesisir 2022 di Hotel Marriott Harbour Bay Batam, Rabu (30/03/2022).

Ansar pada kesempatan itu menyampaikan penghargaan kepada Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang telah berkenan menyelenggarakan acara Bangga Buatan Indonesia di Batam, Kepulauan Riau.

“Saya sebagai key opinion leader, merasa terhormat dan ini tentunya menjadi pendorong semangat kami untuk mengimplementasikan afirmasi program dalam rangka mempercepat program bangga buatan Indonesia dengan memanfaatkan semaksimal mungkin produk- produk Indonesia atau produk lokal yang harus jadi kebanggaan kita semua,” ucapnya.

Dengan tema “expanding to new market, recover together recover stronger”, selain berbicara tentang bagaimana maksimalisasi penggunaan produk dalam Negeri, juga bisa memadukannya dengan orientasi memperkenalkan budaya Melayu.

“Makanya ada tagline Gebyar Melayu Pesisir yang kita padukan dengan kegiatan ini,” ujarnya.

Kepada para Menteri yang hadir secara langsung dan virtual, Gubernur Ansar menyampaikan beberapa laporan diantaranya, mengenai hilirisasi Produk Industri di Kepri ke e-Katalog Nasional, serta ketersediaan produk inti dalam mensukseskan penggunaan produk dalam negeri.

Pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini secara resmi ditandai dengan menabuh kompang yang dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad yang hadir secara langsung serta Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur BI Perry Warjiyo yang hadir secara Virtual.

Pembukaan ini juga sekaligus meresmikan pembukaan ekspor produk-produk UMKM di Kepulauan Riau ke berbagai Negara dunia dengan total ekspor dari Januari hingga Maret 2022 mencapai Rp93,8 miliar.

Pada acara ini, juga dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam memperkuat kajian, penelitian, pengembangan dan juga penerapan inovasi UMKM di Provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya, Gubernur Kepulauan Riau juga menyerahkan Bantuan Subsidi Bunga nol persen dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Kepada UMKM Tahun 2022 serta penyerahan Fasilitasi Sertifikasi Halal gratis dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kepada 375 UKM/IKM di Kepulauan Riau.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.