Gubernur Ansar Sebut, HUT TNI-AU Momentum Evaluasi dan Reposisi Tugas Fungsi

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, melihat pelaksanaan vaksinasi yang digelar TNI-Au di Lanud RHF Tanjungpinang. (Foto : Humas Pemprov Kepri)
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, melihat pelaksanaan vaksinasi yang digelar TNI-Au di Lanud RHF Tanjungpinang. (Foto : Humas Pemprov Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menghadiri Syukuran Dalam Rangka Peringatan Ke 76 Hari TNI AU Tahun 2022 di Mako Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Kamis (31/3/2022). Acara disejalankan dengan giat vaksinasi Covid-19 serta penyerahan bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu.

HUT TNI AU tahun ini mengambil tema “Dengan dilandasi semangat Swa Bhuwana Paksa, TNI Angkatan Udara siap menjaga keamanan wilayah udara dan mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional”.

Termasuk dalam rangkaian acaranya direncanakan akan melaksanakan vaksinasi sebanyak 300 dosis yang dikhususkan untuk vaksinasi booster dan pembagian 500 paket sembako. Sebelumnya pada Rabu (30/3/2022) Lanud RHF telah melaksanakan kegiatan donor darah.

Dalam kesempatan itu, Ansar mengucapkan selamat Hari TNI AU ke 76. Ia berharap ini menjadi momentum untuk terus mengevaluasi dan mereposisi tugas dan fungsi.

“Tupoksi kita tingkatkan sebagai bagian dari kekuatan negara yang bertugas menjaga kedaulatan udara khususnya, dan keutuhan NKRI pada umumnya,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi, TNI AU yang selalu memperlihatkan pengabdiannya dalam menjaga keutuhan NKRI dimana saat ini Indonesia masih dibayang-bayangi pandemi.

“Kalau diibaratkan perang, ini adalah perang jangka panjang karena sudah lebih dari dua tahun kita memerangi pandemi covid-19. Tak sedikit pandemi ini menguras waktu, energi dan fikiran kita. Tapi kita bersyukur kita berhasil menanganinya dengan baik,” kata Ansar.

Menurut Ansar, keberhasilan menangani pandemi ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak termasuk TNI AU yang konsisten melaksanakan vaksinasi dimana sempena hari ulang tahun ini pun menjadikan vaksinasi sebagai salah satu agendanya.

“Kegiatan bansos juga patut kita apresiasi disaat situasi sulit seperti saat ini kita harus memperbanyak aksi-aksi sosial. Di sisi lain kita akan terus mengontrol kecukupan bahan pokok bagi masyarakat. Maka tim pengendali harga kita gerakkan untuk mengontrol harga pasar apalagi menjelang ramadhan dan idul fitri ini,” tuturnya.

Sementara itu, Danlanud RHF, Donie Prihandono, mengatakan peringatan Ke 76 Hari TNI AU tahun 2022 ini merupakan upaya pelestarian nilai-nilai histroris perjuangan dan pengabdian sejak awal kelahiran TNI AU.

“Lanud RHF dalam rangka mendukung Pemprov Kepri menanggulangi Covid-19 juga telah telah melaksanakan vaksinasi masyarakat wilayah Tanjungpinang dan Bintan sebanyak 10.666 dosis, dengan rincian dosis 1 sebanyak 5.259 dosis atau 45,3 persen, dosis 2 sebanyak 4.798 dosis atau 44,98 persen, dan dosis 3 sebanyak 609 dosis atau 5,70 persen,” demikian Donie.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.