1 Ramadhan 1443 H 3 April, Presiden Jokowi) Ajak Warga Muslim Indonesia Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Presiden Jokowi (Foto BPMI Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Sambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi semua umat muslim yang menjalankanya di Indonesia.

“Saya ingin mengucapkan marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin,” ujar Presiden dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, sebagaimana dikutip dari Setkab.goid, Sabtu (02/04/2022).

Kepala Negara mengatakan, meskipun masih dalam suasana pandemi, berkat kerja keras semua pihak, kasus COVID-19 di Indonesia dapat dikendalikan. Oleh karena itu, pada Ramadhan tahun ini umat muslim bisa beribadah dengan sedikit lebih leluasa.

“Bisa melaksanakan ibadah shalat wajib dan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid,” imbuhnya.

Selain itu, pada Ramadhan tahun ini, Kepala Negara juga memperbolehkan masyarakat apabila ingin melakukan perjalanan mudik menjelang Lebaran nanti.

“Menjelang Idul Fitri nanti bagi Bapak, Ibu, Saudara-saudara sekalian yang ingin mudik juga diperbolehkan, sehingga bisa berkumpul kembali bersama orang tua, sanak saudara, dan keluarga tercinta di kampung halaman,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Kepala Negara kembali mengingatkan seluruh masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, Presiden juga menyampaikan pentingnya vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

“Jadi bagi masyarakat yang belum melengkapi dosis vaksin atau belum mendapatkan vaksin booster, agar segera melengkapi,” ungkapnya.

Di akhir pernyataannya, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh umat muslim untuk menjadikan Ramadhan tahun ini momentum meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

“Mari kita jadikan momentum Ramadhan tahun ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita. Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, semoga Allah Swt. senantiasa melindungi bangsa Indonesia,” tandasnya.

Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H Mulai 3 April 2022 

Sebelumnya, Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H/2022 M jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022. Penetapan ini didasarkan pada keputusan Sidang Isbat (Penetapan) Awal Ramadhan 1443 H yang dipimpin Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Jumat (01/04/2022).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan berdasarkan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal, secara mufakat bahwa 1 Ramadhan Tahun 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022.

“Ini hasil sidang isbat yang baru saja kita selesaikan dan kita sepakati bersama,” ujar Menag.

Menag pun berharap dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa secara bersama-sama.

“Mudah-mudahan ini adalah simbol sekaligus cerminan kebersamaan umat Islam Indonesia dan kebersamaan ini mudah-mudahan menjadi wujud kebersamaan kita semua sebagai sesama anak bangsa untuk menatap masa depan Indonesia dan bangsa ini menjadi jauh lebih baik,” ujarnya.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.