Pariwisata Kepri Mulai Bangkit, BPS Mencatat Kunjungan Wisman ke Kepri Naik 9,76 Persen

Sejumlah Wisman saat tiba dan berwisata di Pulau Niko Kab-Bintan provinsi Kepri. (foto Istimewa).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar mengatakan Pariwisata Kepri pelan-pelan semakin membaik dengan dibukanya sejumlah pintu masuk Wisman di Kepri.

Sejumlah pintu masuk Wisman ke Kepri saat ini seluruhnya sudah dibuka khususnya dari Singapura dan Malaysia.

“Dengan pembukaan pintu masuk ini, menjadi awal yang baik Wisman mancanegara akan terus bertambah dan masuk ke Kepri. Pelan-pelan Pariwisata Kepri membaik,” pungkas Buralimar.

Untuk diketahui, wisman yang masuk Kepri harus mengikuti syarat yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor IMI-0533.GR.01.01 Tahun 2022 yang mengatur kemudahan keimigrasian melalui pembukaan bebas visa kunjungan dan visa kunjungan saat kedatangan (Visa on Arrival/VOA), khusus wisata di Kepulauan Riau. Aturan ini berlaku efektif pada 22 Maret 2022 lalu.

BPS Catat Kunjungan Wisman ke Kepri Naik 9,76 Persen

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepulauan Riau selama bulan Februari 2022 tercatat sebanyak 360 turis atau mengalami peningkatan 9,76 persen dibanding bulan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan bulan Februari 2021, terjadi peningkatan sebesar 108,09 persen.

Kenaikan tersebut efek dari semakin membaiknya penanganan wabah Covid-19 di Kepulauan Riau, sehingga memberikan dampak positif pada kunjungan wisman di daerah setempat.

Kepala BPS Kepri, Darwis Sitorus menyebutkan, jumlah kunjungan wisman yang masuk ke Kepri berasal dari dua pintu masuk utama yaitu dari kota Batam naik sebesar 37,08 persen. Sedangkan dari Kabupaten Bintan turun 64,77 persen.

“Sementara ini, untuk pintu masuk ke Kabupaten Karimun tidak terdapat kunjungan wisman,” kata dia.

Darwis mengatakan pada Februari 2022, turis yang berkunjung ke Kepulauan Riau pada Januari-Februari 2022 didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura, sebanyak 153 kunjungan.

Jumlah tersebut mencapai 47,53 persen dari jumlah wisman selama Januari sampai dengan Februari 2022.

“Wisman berkebangsaan Singapura merupakan wisman yang paling banyak berkunjung ke Kepri pada periode Januari hingga Februari 2022,” ujar Darwis.

Kenaikan juga berasal dari kunjungan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 80 kunjungan, China 6 kunjungan, Australia dan Jepang masing-masing 5 kunjungan, India dan Philipina masing-masing 4 kunjungan, sementara Jerman 2 kunjungan.

Darwis menyampaikan, secara kumulatif Januari-Februari 2022, jumlah kunjungan wisman ke Kepri mencapai 688 kunjungan atau naik 58,58 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Berasal dari 2 pintu masuk, Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

Sedangkan Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Karimun tidak terdapat kunjungan wisman.

“Jumlah kunjungan wisman terbanyak pada bulan Januari hingga Februari 2022 menurut pintu masuk yaitu, di Kota Batam sebanyak 569 kunjungan dan Kabupaten Bintan sebanyak 119
kunjungan,” jelasnya.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.