Pemprov Kepri Dorong Pengembangan Pariwisata Anambas

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, memimpin rapat pengelolaan lahan wisata Kabupaten Kepulauan Anambas di Gedung Daerah, Tanjungpinang.
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, memimpin rapat pengelolaan lahan wisata Kabupaten Kepulauan Anambas di Gedung Daerah, Tanjungpinang. (Foto : Humas Pemprov Kepri)

PRESMEDIA.ID, Anambas – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mendorong pariwisata di Kabupaten Anambas semakin berkembang.

Guna mempercepat pengembangan Pariwisata Anambas itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menginstruksikan sejumlah OPD untuk berkoordinasi membuat langkah-langkah perizinan agar mengundang minat investor menanamkan modal mereka di Anambas.

Sejumlah dinas yang diminta berkoordinasi itu adalah Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Prinsip utamanya adalah kita ingin Anambas mampu menjadi destinasi pariwisata yang semakin terkenal dengan bertambahnya resor-resor kelas dunia,” ujarnya memimpin rapat pengelolaan lahan wisata Kabupaten Kepulauan Anambas di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Minggu (3/4/2022).

Namun demikian, salah satu yang terpenting adalah persoalan kemudahan transportasi. Maka dari itu, Gubernur bersama Bupati Anambas berencana untuk menemui Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, untuk mengusulkan bandara Jemaja di Anambas dapat menjadi bandara internasional.

“Supaya penerbangan ke Anambas bisa langsung ke bandara Jemaja tidak perlu lagi transit di Batam sehingga memudahkan wisatawan mancanegara mau berlibur ke Anambas,” tutur Gubernur Ansar.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris juga sangat mengapresiasi keseriusan Gubernur Ansar dalam memajukan sektor pariwisata di Kepulauan Anambas. Menurutnya, pariwisata Anambas memang menjadi program utama dirinya selama dua periode menjadi Bupati Kepulauan Anambas.

“Saya sangat berterima kasih pak Gubernur mau memberikan perhatiannya untuk pariwisata di Anambas, memang kita harus terus berkoordinasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten agar perizinan untuk resor-resor wisata bisa selesai dengan cepat,” ujar Abdul Haris.

Untuk diketahui, ada satu perusahaan swasta yaitu PT Symbiosis yang sangat serius membangun resor wisata di pulau Sagu Dampar, Siantan Timur, Kepulauan Anambas. Menurut Foster perwakilan perusahaan tersebut, izin pembukaan resor di pulau Sagu Dampar sangat ditanggapi serius oleh Gubernur Ansar.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.