KKP RI Tetapkan Teluk Bintan Sebagai Kampung Perikanan Budidaya Indonesia

Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI, Haeru Rahayu bersama Sekda Bintan, Adi Prihantara. (Foto : istimewa)
Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI, Haeru Rahayu bersama Sekda Bintan, Adi Prihantara. (Foto : istimewa)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menetapkan Kampung Keter Tengah Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan sebagai Kampung Perikanan Budidaya di Indonesia.

Peresmian itu dilakukan secara langsung oleh Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI, Haeru Rahayu disaksikan Sekda Bintan Adi Prihantara, Sabtu (2/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Haeru Rahayu, mengaku bahagia melihat semangat masyarakat yang sangat antusias mengembangkan sektor budidaya.

“Saya berpesan untuk semua masyarakat khususnya generasi muda agar Bintan terus memupuk semangat budidaya ikan,” ujarnya.

Tahun ini, kata Haeru, KKP RI meresmikan 130 kampung se Indonesia sebagai wilayah Perikanan Budidaya. Dari total itu, 5 kampung diantaranya ada di Kepri, salah satunya di Bintan.

Dirinya tadi berangkat menggunakan speedboat untuk melepas secara simbolis bibit ikan bawal bintang hasil budidaya.

“Ke depannya diharapkan budidaya perikanan di Bintan akan bisa berkembang dan merambah pada budidaya kepiting, rumput laut, lobster dan beberapa jenis budidaya lainnya,” katanya.

Sementara itu, Sekda Bintan, Adi Prihantara, menyampaikan apresiasi yang luar biasa bagi KKP RI yang selalu memberi dukungan bagi peningkatan perikanan di Kabupaten Bintan. Budidaya ikan ini merupakan salah satu potensi besar di wilayah laut Bintan.

“Kami punya laut lebih 80 persen di Bintan. Dalam hal budidaya di laut, Bintan punya 17.810,96 HA untuk wilayah keramba,” sebut Adi.

Diterangkannya, berdasarkan data BPS 2019 lalu potensi lahan budidaya perikanan laut (Marikultur) untuk keramba di Bintan sungguh potensial. Namun pengembangan keramba bahkan belum mencapai 10 persen.

“Dimulai hari ini, kita saling kerja sama dan koordinasi bahwa perikanan di Bintan khususnya sektor budidaya laut akan terus berkembang,” ucapnya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.