BPOM Lakukan Pengawasan Keamanan Takjil Berbuka Puasa

Tim BPOM saat melakukan engawasan Keamanan Takjil (Makanan Berbuka Puasa) di Tanjungpinang
Tim BPOM saat melakukan engawasan Keamanan Takjil (Makanan Berbuka Puasa) di Tanjungpinang (Foto;Roland/presmedia.id) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Badan Pengawasan Obat dan Bahan Makanan (BPOM) Tanjungpinang melakukan pengawasan Takjil bahan pangan berbuka puasa di wilayah kota Tanjungpinang.

Kepala BPOM Tanjungpinang, Rai Gunawan, mengatakan kegiatan intensifikasi itu dilakukan dalam rangka pengawasan pangan di bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini lanjutnya, dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, dengan target pemeriksaan di sarana distributor, ritel, produksi maupun sarana-sarana menjual takjil lainnya.

“Kita mengawasi, agar pangan yang dijual terutama Takjil bebas dari bahan berbahaya, seperti mengandung formalin, borak, dan pewarna tekstil,” paparnya.

Menurutnya pengawasan ini akan dilaksanakan sepanjang bulan suci Ramadhan.

“Pada hari ini ada tiga titik yang kami lakukan pengambilan Sampel, diantaranya taman Km 10, sekitar hotel RAV batu 9 dan sekitar Pinlang Mas. Seluruh sampel takjil nantinya akan dibawa ke Mobil Laboratorium keliling di Taman Batu 10 untuk dilakukan pengujian,” jelasnya.

Jika nanti ditemukan sampel yang mengandung bahan-bahan berbahaya, Lanjut Rai, hasilnya akan diserahkan ke Dinkes Tanjungpinang guna dilakukan pembinaan.

BPOM juga mengimbau, bagi para pedagang yang menjual Takjil, agar memperhatikan kebersihan dagangannya serta tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya.

“Masyarakat juga harus cerdas dan memilih untuk membeli Takjil yang dikonsumsi,” pungkasnya.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.