DP3KB Bintan Bangun 2 Balai Penyuluhan KB dari Dana DAK Rp 800 Juta

Rapat finalisasi pembangunan dua Balai Penyuluhan Keluarga Berencana. (Foto : istimewa)
Rapat finalisasi pembangunan dua Balai Penyuluhan Keluarga Berencana. (Foto : istimewa)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3KB) Bintan mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) atau Dana Operasional Keluarga Berencana (DOKB) 2022 dari BKKBN Pusat sebesar Rp 800 Juta Lebih.

Kepala DP3KB Bintan, Aupa Samake, mengatakan DOKB 2022 yang dikucurkan ke Kabupaten Bintan untuk pembangunan 2 balai penyuluhan KB di tahun ini. Balai itu dibangun di Kecamatan Bintan Utara dan Kecamatan Seri Kuala Lobam.

“Jadi tahun ini kita dapat dana untuk bangun balai penyuluhan KB di 2 kecamatan,” ujar Aupa, kemarin.

Besaran dana yang didapatkan untuk membangun 2 balai penyuluh KB sebesar Rp 800 juta lebih. Dana tersebut diperuntukan pembangunan Balai Penyuluh KB di Bintan Utara Rp 382.976.000 dan Balai Penyuluh KB Seri Kuala Lobam Rp Rp 382.976.000.

Lalu untuk dana jasa pengawasan pembangunan masing-masing balai Rp 15.789.787 dan jasa perencanaan pembangunan Rp 22.978.560.

Tujuan pembangunan Balai Penyuluh KB ini sebagai sarana edukasi dan sosialisasi program-program prioritas skala nasional dari BKKBN. Sehingga memudahkan bagi para kader penyuluhan dalam mengikuti pelatihan serta pembinaan.

“Kemudian juga menghemat tempat dan waktu,” jelasnya.

Dia menginginkan setiap kecamatan memiliki balai tersebut. Namun sampai saat ini baru 6 kecamatan yang dimilikinya diantaranya Kecamatan Bintan Timur, Toapaya, Tambelan, Gunung Kijang, Teluk Bintan, dan Teluk Sebong.

Lalu di tahun ini kembali dibangun untuk 2 kecamatan yaitu Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam. Sehingga sisanya tinggal 2 kecamatan lagi yang belum ada balai penyuluh KB meliputi Kecamatan Bintan Pesisir dan Mantang.

“Kita harapkan Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluh dan Penggerak DP3KB kembali mendapatkan kucuran DOKB untuk bangun balai serupa di Kecamatan Mantang dan Bintan Pesisir,” ucapnya.

Penulis : Hasura
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.