Pemko Tanjungpinang Pelajari Aplikasi SIAP Buatan Diskominfo Kepri

Kepala Diskominfo Kepri, Hasan, menerima kunjungan Diskominfo Tanjungpinang. (Foto : Humas Pemprov Kepri)
Kepala Diskominfo Kepri, Hasan, menerima kunjungan Diskominfo Tanjungpinang. (Foto : Humas Pemprov Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang melirik Aplikasi Sistem Informasi Aktivitas Presensi (SIAP) yang dikembangkan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau.

Hal tersebut disampaikan Kepala Diskominfo Tanjungpinang, Ruli Friady, saat mengunjungi langsung kantor Diskominfo Kepri untuk mempelajari aplikasi SIAP Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (6/4/2022).

Aplikasi SIAP Kepri merupakan aplikasi yang digunakan pegawai Pemprov Kepri untuk melakukan presensi. Presensi melalui aplikasi SIAP dilakukan pegawai menggunakan gawai di kantor OPD masing-masing. Pegawai juga wajib melakukan swafoto saat melakukan presensi SIAP.

Ruli Friady menyampaikan, Pemko Tanjungpinang akan menggunakan sistem presensi yang serupa dengan yang diterapkan Pemprov Kepri dengan memakai aplikasi SIAP. Hal ini merupakan instruksi langsung dari Walikota Tanjungpinang Rahma yang menginginkan pegawai Pemko Tanjungpinang lebih disiplin dalam absensi.

“Kami melihat aplikasi SIAP ini sangat bagus digunakan, jadi kami memang bermaksud bekerjasama dengan Diskominfo Kepri mengembangkan aplikasi ini untuk Pemko,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kepri, Hasan menyebut aplikasi SIAP Kepri merupakan upaya Pemprov Kepri untuk memastikan pegawai yang bekerja di Pemprov Kepri selalu disiplin dalam melakukan absensi sehari-hari di hari kerja.

“Dengan sistem yang berbasis aplikasi dan online, maka presensi para pegawai bisa kita pantau langsung dan hasilnya akurat. Ini meningkatkan kedisiplinan pegawai secara signifikan,” ujar Hasan.

Hasan juga menyatakan siap memberikan bantuan teknis pengembangan aplikasi SIAP agar Pemko Tanjungpinang bisa segera menerapkan presensi berbasis aplikasi dan online.

“Kami dari Pemprov Kepri selalu siap membantu kabupaten dan kota jika mau saling bekerjasama mengembangkan sistem digitalisasi pemerintahan yang lebih baik lagi kedepannya,” pungkas Hasan.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.