Bandara Hang Nadim dan RHF Tanjungpinang Dibuka Untuk Kedatangan Wisman Luar ke Kepri

Pesawat CitiLink di Bandara RHF Tanjungpinang. (Foto;Dok-Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Selain sejumlah Pelabuhaan di Kepri, Bandara Hang Nadim Batam dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, juga dibuka sebagai pintu masuk bagi Wisman Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN ke Kepri.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 nomor 17 tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang ditandatangani Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto pada 5 April 2022.

Dengan ditetapkannya dua Bandar pintu Masuk PPLN di Kepri itu, Gubernur Ansar Ahmad meminta, agar seluruh pengelola pintu masuk baik laut maupun udara, untuk menyiapkan fasilitas pemeriksaan dokumen dan hal lainya bagi Wisman luar negeri ke Kepri.

“Kami sudah minta agar Petugas di Bandara menyiapkan ketersediaan tempat dan petugas yang akan melakukan tes PCR, petugas penerima pembayaran Visa on Arrival dan tempat isolasi, Demikian juga rumah sakit rujukan bila diperlukan suatu tindakan medis lebih jauh,” katanya.

Selain itu, Ansar juga menekankan Satgas untuk menggesa percepatan vaksinasi dosis 3 atau booster di Kepri. Hal itu bertujuan untuk melindungi masyarakat kita dan juga wisman yang akan berkunjung ke Kepri.

“Vaksinasi booster terus kita kejar agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat terus terbentuk. Selanjutnya juga memberikan kepercayaan semua pihak, termasuk negeri jiran Singapura dan Malaysia” ungkap Gubernur.

Disamping itu, Gubernur juga meminta bantuan kedutaan besar RI di Singapura untuk melobi Pemerintah Singapura agar mencabut batas kuota warganya yang akan berlibur.

“Kita juga telah meminta Pemerintah Singapura, untuk tidak membatasi kuota bagi warga negaranya yang akan berkunjung ke Kepri. Jika saat ini masih membatasi di kisaran 350 orang per pekan, kita minta kedepan tidak ada lagi pembatasan kuota,” harapnya.

Penulis:Ismail
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.