maulidnabidewan

Polres Lingga Salurkan Bantuan BTPKLWN ke 19.500 Pedagang dan Nelayan di Lingga

Salah satu Masyarakat Nelayan Lingga yang baru menerima Bantuan BTPKLWN yang disalurkan Polres Lingga, terdapat 19.500 Pedagang dan Nelayan di Lingga yang memperoleh Bantuan Pemerintah Pusat ini (Foto:Istimewa)
Salah satu Masyarakat Nelayan Lingga yang baru menerima Bantuan BTPKLWN yang disalurkan Polres Lingga, terdapat 19.500 Pedagang dan Nelayan di Lingga yang memperoleh Bantuan Pemerintah Pusat ini (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Kepolisian Resort (Polres) Lingga, menyalurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) di wilayah Kabupaten Lingga.

Kasi Keuangan Polres Lingga Bripka.Hermandi Sembiring, mengatakan Bantuan tunai untuk Pedagang Kaki lima, warung dan Nelayan (BTPKLWN) itu adalah Program Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat dampak Pandemi Covid-19 dengan sasaran masyarakat yang memiliki Usaha sebagai Pedagang Kaki lima, Warung dan Nelayan.

“Tujuannya untuk membantu serta meningkat ekonomi masyarakat,” katanya di Mapolres Lingga, Jum’at (08/4/2022).

Untuk wilayah Lingga, lanjut Sembiring, ada sebanyak 19,500 Masyarakat penerima BTPLKWN. Jumlah itu, terdiri dari Pedagang Kaki lima dan warung sebanyak 6.000 orang sedangkan Nelayan sebanyak 13.500 orang.

“Kegiatan Penyaluran BTPKLWN sebelumnya, juga sudah dilaksanakan sejak 21 Maret 2022 lalu dan hingga saat ini, telah disalurkan sebanyak 3000 orang dengan nilai bantuan Rp.600.000 per orang,” sebutnya.

Kriteria masyarakat yang menerima Penyaluran BTPKLWN sendiri merupakan warga negara Indonesia, memiliki KTP Elektronik, Memiliki usaha sebagai Pedagang kaki lima, warung dan Nelayan buruh atau Nelayan, memiliki Kapal dibawah 5 GT dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak terdaftar di Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Selanjutnya, dari hasil pendataan warga ini, dimasukan ke dalam Aplikasi Puskeu Presisi untuk mengetahui data warga tersebut terverifikasi atau tidak.

“Dan apabila data warga tersebut terverifikasi, maka terhadap warga tersebut diberikan undangan untuk menerima BTPKLWN yang nantinya akan disampaikan petugas pendataan Bhabinkamtibmas. Sedangkan bagi warga yang datanya tidak terverifikasi, maka yang bersangkutan tidak berhak menerima BTPKLWN,” jelasnya.

Dengan adanya BTPKLWN ini dihimbau kepada masyarakat Kabupaten Lingga sesuai dengan kriteria tersebut supaya mendekatkan diri kepada Bhabinkamtibmas atau anggota Polri yang terdekat, untuk mendapatkan BTPKLWN.

“Selain itu kita juga menghimbau, agar masyarakat melakukan Vaksinasi Covid-19 dosis 2 dan dosis 3 ( booster) serta mematuhi Protokol kesehatan covid-19 dalam melakukan aktivitas.” tandasnya

Penulis : Aulia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.