Safari Ramadhan di Sukajadi-Batam, Ansar Ajak Umat Memakmurkan Masjid

Safari Ramadhan di Sukajadi-Batam, Ansar Ajak Umat Memakmurkan Masjid (Foto: Humas Kepri)
Safari Ramadhan di Sukajadi-Batam, Ansar Ajak Umat Memakmurkan Masjid (Foto: Humas Kepri)

PRESMEDIA.ID, Batam – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad didampingi jajaran staf khusus dan kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri melakukan safari Ramadhan di perumahan Bukit Indah Sukajadi, kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Selasa (12/4/2022).

Gubernur Ansar mengatakan, Masjid merupakan jantungnya umat Islam. Tidak hanya menjadi tempat ibadah sebagai fungsi utamanya, tetapi juga sebagai tempat mendidik kader, tempat menimba ilmu, tempat membangun ukhuwah dan sebagainya.

Menurut Ansar, merupakan tugas seluruh umat Islam, dimanapun, untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada. Dan tahun ini melalui Pemerintah Provinsi Kepri telah menggulirkan dana hibah untuk memakmurkan rumah ibadah yang ada di seluruh Kepri sebesar Rp 78 miliar.

“Kita semua, sebagai umat muslim, punya tugas masing-masing untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada. Karena masjid adalah jantungnya umat, maka kitalah yang bertanggung jawab untuk merawat, mempercantik dan memakmurkannya,” kata Ansar Ahmad.

Pada kesempatan itu, Gubernur Ansar juga menyampaikan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kepulauan Riau, sebagai salah satu program pemerintah dalam upaya memulihkan ekonomi.

Selama pandemi, kata Ansar, banyak pelaku UMKM yang terpaksa gulung tikar karena tak sanggup survive. Adapun pasca pandemi, para pelaku UMKM mencoba untuk merintis kembali usahanya. Hanya saja tak jarang yang mengeluh karena keterbatasan modal.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri bekerjasama dengan Bank Riau Kepri telah menggulirkan program pinjaman lunak bagi pelaku UMKM dengan bunga 0 persen. Bunga pinjamannya di subsidi sepenuhnya oleh Pemerintah,” ujar Gubernur Ansar.

Ansar berharap, program bantuan Modal dengan bunga nol persen itu, bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik merintis usahanya kembali pasca pandemi.

“Pemberian subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM ini merupakan langkah dan upaya pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi Kepri. Demikian juga program dan kegiatan lainnya yang dilakukan pemerintah,” katanya.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.