Arus Mudik Antar Pulau se-Kepri Tahun Ini Dijamin Aman dan Lancar

Arus penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. (Foto : Ismail/presmedia.id)
Arus penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. (Foto : Ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menjamin pelaksanaan mudik antar pulau menjelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah berjalan lancar. Bahkan, jika armada kapal yang ada saat ini masih kurang, maka pihaknya berencana akan menambah armada kapal untuk mengatasi lonjakan mudik menjelang perayaan lebaran.

“Saya rasa armada yang ada saat ini cukup. Kalau memang diperlukan akan ditambah, kita lihat dulu kondisinya,” ujarnya di Tanjungpinang, Rabu (13/4/2022).

Kendati demikian, lanjut Ansar, pihaknya nanti akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait guna memastikan lonjakan mudik dapat diatasi dengan baik.

“Kalau bandara biasanya kalau memang ada lonjakan penumpang, mereka akan menambah jam penerbangan,” kata Ansar.

Selain itu, Gubernur juga mengimbau masyarakat tetap menaati protokol kesehatan (pokes) serta memenuhi persyaratan untuk melakukan perjalanan mudik. Seperti, wajik vaksin booster sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Hal itu bertujuan agar perjalanan mudik menjelang lebaran nanti berjalan lancar dan aman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Junaidi, menjamin angkutan laut Antar Pulau sudah siap untuk mengatasi lonjakan arus mudik.

Menurutnya, tahun ini kemungkinan ada lonjakan mudik, karena kebijakan pemerintah memperbolehkan warganya mudik setelah dua tahun dibatasi pemerintah akibat pandemi Covid-19.

Namun demikian, dirinya optimis mudik Idul Fitri tahun ini berjalan aman dan lancar karena pengalaman mudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Sampai saat ini belum ada rencana menambah jumlah kapal angkutan mudik antar pulau, karena kapal-kapal yang ada sudah cukup memadai untuk melayani para pemudik,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan, adapun kapal yang sudah siap melayani pemudik antarpulau, yakni rute Tanjungpinang-Karimun dengan kapal feri Dumai Express. Rute Tanjungpinang-Lingga dengan kapal feri Lintas Kepri, Super Jet, dan Kapal Roro dari Pulau Dompak.

Kemudian, Rute Tanjungpinang-Natuna-Anambas ada kapal feri Seven Star, Batavia, dan Anggraini. Rute Tanjungpinang-Batam, sudah terdapat sekitar 15 unit kapal. Jika hari biasa, kapal Tanjungpinang-Batam berangkat sesuai jam, namun jelang Lebaran biasanya kapal langsung berangkat ketika penumpang sudah penuh.

Selain kapal feri, untuk pemudik rute Tanjungpinang-Batam juga dapat menggunakan kapal roro dari pelabuhan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan.

“Kemudian, kapal milik PT. Pelni juga tengah dipersiapkan untuk melayani pemudik, khususnya tujuan Natuna dan Anambas,” demikian Junaidi.

Penulis : Ismail
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.