Safari Ramadhan di Batu Aji Batam, Ansar Ajak Umat Islam Istiqomah dan Serahkan Bantuan

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad saat menggelar safari Ramadhan di malam ke-12 di masjid Baitul A'la, Perumahan Aviari, Batuaji, Batam, Rabu (13/4/2022). (Foto: Humas Kepri).
Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad saat menggelar safari Ramadhan di malam ke-12 di masjid Baitul A’la, Perumahan Aviari, Batuaji, Batam, Rabu (13/4/2022). (Foto: Humas Kepri).

PRESMEDIA.ID, Batam – Gubernur Kepri H.Ansar Ahmad meminta masyarakat Kepri khususnya Batam tetap istiqomah dan taat dalam menjalankan pengabdian berpuasa sebagai hamba Allah SWT, apalagi ditengah cobaan berupa pandemi selama 2 tahun terakhir.

“Sebagai hamba-Nya kita diperintahkan untuk konsisten dalam beribadah. Apapun rintangan akan selalu saja ada. Yang penting kita kuat menghadapi dan tetap istiqomah,” kata Gubernur Ansar saat melakukan safari Ramadhan di malam ke-12 di masjid Baitul A’la, Perumahan Aviari, Batuaji, Batam, Rabu (13/4/2022).

Dijelaskan Ansar bahwa Pemprov Kepri telah memprogramkan kegiatan dan menganggarkan sebesar Rp 4 miliar untuk pembinaan masyarakat melalui para dai dan ustadz yang ditempatkan di daerah-daerah hinterland dan daerah pesisir Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri.

“Tujuannya agar masyarakat mendapat pembinaan keagamaan, terutama aqidah dan semangat pemahaman keislaman,” ujar Ansar.

Ansar juga meminta agar Biro Administrasi Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) segera mendata setiap proposal masjid dan mushalla yang ada di pesisir. Agar bisa diprioritaskan untuk dibantu.

“Kita mau agar performance setiap masjid di pesisir bagus dan lebih representatif untuk beribadah. Karena masjid adalah jantungnya umat,” katanya.

Tidak ketinggalan, Gubernur Andar juga membeberkan rencana program rumah singgah di Jakarta yang nantinya bisa digunakan untuk masyarakat Kepri yang akan berobat ke Jakarta. Rumah singgah yang dimaksud Gubernur adalah kantor penghubung di Jakarta. Nantinya akan dialihfungsikan menjadi rumah singgah agar bisa membantu masyarakat.

“Kita juga akab siapkan ambulace dan makanan agar keluarga yang berobat dapat menghuni rumah singgah, terutama jika keadaan kita tidak ada sanak saudara disana,” terang Ansar.

Disamping itu, untuk pemulihan ekonomi dari sektor UMKM, Gubernur menyarankan agar masyarakat memanfaatkan program pinjaman lunak UMKM dengan bunga 0 persen, karena seluruh bunga pinjaman di tanggung oleh Pemprov Kepri. Melalui program ini, pelaku UMKM cukup membayar pinjaman pokok saja.

“Agar UMKM bisa bangkit kembali. Dan di tahun ini kita menyiapkan peralatan UMKM yang dapat meningkatkan daya tahan produk makanan,” jelas Ansar lagi.

Hal lainnya, Ansar juga membahas program beasiswa mahasiswa dan bantuan sekolah hingga rencana pembangunan jembatan Batam-Bintan.

Penulis : Presmeda
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.