Peringatan BMKG, Waspada Banjir ROB Landa Sejumlah Pesisir Kepri

Surat Peringatan dini Waspada Banjir ROB Landa sejumlah Pesisir di Provinsi Kepri (Foto;Tangkapan layan Surat BMKG yang tersebar)
Surat Peringatan dini Waspada Banjir ROB Landa sejumlah Pesisir di Provinsi Kepri (Foto;Tangkapan layan Surat BMKG yang tersebar)

PRESMEDIA.ID, Batam – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas I Hang Nadim Batam, mengeluarkan peringatan dini Banjir Pesisir (ROB) yang akan terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Kepri.

Surat pernyataan ini, tersebar di sejumlah lini media sosial, sebagaimana yang diperoleh Media ini, Senin (18/4/2022).

Dalam surat yang ditandatangani Riska Meilan Manurung sebagai Prakirawan BMKG Batam tanggal 17 April 2022, menghimbau kepada masyarakat pesisir pantai, agar WASPADA adanya fenomena Banjir Pesisir (ROB) yang diprediksi berpotensi terjadi pada 17 hingga 19 April 2022 mendatang.

Adapun sejumlah wilayah pesisir yang perlu waspada atas banjir ROB ini adalah, Pesisir Kecamatan Batu Ampar, kota Batam dan sekitarnya, Kemudian pesisir kecamatan Bintan Utara dan sekitarnya, serta di Pesisir Kecamatan Karimun kabupaten Tanjung Balai Karimun dan sekitarnya.

“Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan,” ujar Riska dalam suratnya.

Riska juga mengatakan, Banjir Rob yang akan diprediksi terjadi ini, akibat adanya aktivitas pasang air laut dan curah hujan tinggi yang mempengaruhi banjir di sejumlah pesisir sejumlah kabupaten/kota di provinsi Kepri itu.

Waspada Kepri Dilanda Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang

Sementara itu, melalui situs resmi bmkg.go.id, juga memberi peringatan dini, atas prediksi terjadinya, Hujan lebat disertai Petir dan angin kencang yang akan melanda sejumlah wilayah provinsi Kepri, Senin (18/4/2022).

Kondisi cuaca Kepri menurut perkiraan BMKG, hampir sejumlah wilayah di Kepri dilanda hujan pada Pagi, Siang dan malam dengan intensitas sedang dan ringan hari ini.

Kondisi suhu udara di Kepri, berkisar antara 24 sampai dengan 31 derajat Celcius dan kelembaban 65 sampai 70 persen.

Penulis : Presmedia
Editor : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.